Nikmatnya Ikan Baronang Bakar

Sampai di Karimunjawa, malamnya bapak mengobor ikan ke laut. Walau air laut agak keruh dan lumayan ada ombak, tetapi beliau tetap saja iseng-iseng mengobor ikan untuk menu buka esok. Beliau berangkat saat hampir sahur. Beberap jam bapak pulang dan membawa beberapa ikan. Salah satu jenis ikan yang dibawa adalah ikan Semadar atau ikan Baronang.
Ikan Semadar/Baronang
Ikan Semadar/Baronang
Bapak mendapat 3 ikan baronang kecil, lumayan juga kalu dibakar menjelang magrib. Akhirnya ikan tersebut bapak simpan ditempat ikan. Asyik sebelum berbuka puasa aku akan membakar ikan Baronang dan menikmatinya saat buka puasa. Ada yang mau ikut bakar ikan?

Memang ikan yang aku bakar tidak banyak, hanya 3 ekor saja. Tapi ini sudah menghapus rasa penasaranku untuk membakar ikan saat pulang ke Karimunjawa. Akhirnya aku membakar ikan tersebut diatas tungku yang sudah tersedia. Dengan menggunakan sabut kelapa kering sebagai arangnya, aku harus menjaga sabut tersebut tetap terjaga.
Proses pembakaran Ikan Semadar/Baronang
Proses pembakaran Ikan Semadar/Baronang
Selain itu, kita juga perlu melihat ikannya dengan jeas. Jangan sampai ikan yang kita bakar tersebut nantinya malah gosong. Kan nggak enak, masa membakar ikan saja sampai gosong heeee. Hanya butuh waktu kurang dari setengah jam, ikan bakarnya sudah siap untuk dimakan. Ups, belum buka puasa loh. Orang rumah langsung membuat sambal untuk ikan bakar ini. Selang beberapa menit ikan bakak tadi siap untuk disantap.
Ikan bakar Semadar/Baronang siap saji
Ikan bakar Semadar/Baronang siap saji
Hemmmm, ada yang tertarik untuk mencicipi ikan Baronang bakar? Oya ikan Baronang adalah salah satu jenis ikan yang paling enak kalau dibakar atau dipanggang. Rasanya begitu nikmat, walau dagingnya tidak terlalu tebal, tapi rasanya memang beda. Tidak seperti ikan tongkol, apalagi seperti ikan Tengiri. Kalau masih kurang percaya, silakan cek di Google jenis ikan Baronang. Tentu kalian langsung paham kalau jenis ikan ini memang paling enak kalau dibakar atau dipanggang.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment