Cepatnya Membuat NPWP di KPP Pratama Jepara

Sebulan yang lalu [bulan September 2014] aku menuju Jepara untuk membuat NPWP. Ini dikarenakan dari tempat kerjaku membuat persyaratan untuk  menyertakan nomor NPWP. Jadi jum’at malam (dinihari) aku putuskan untuk membuat ke Jepara. NPWP dibuat sesuai dengan alamat yang tercantum di KTP. Langsung saja perjalanan malam Jogja - Jepara aku lakukan, sekalian akhir pekan di Jepara.

Pagi pukul 07:00 wib, aku sudah sampai di Ngabul, Jepara. Tepat di depan KPP Pratama Jepara. Berhubung bukanya pukul 08:00 wib, aku sempatkan waktu satu jam untuk istirahat dan mandi di musholla KPP. Tapi sebelum mandi di Musholla, aku meminta ini terlebih dahulu kepada satpam yang berjaga. Setelah diperbolehkan aku langsung mandi dan berganti pakaian.
KPP Pratama Jepara
KPP Pratama Jepara terletak di Ngabul
Tepat pukul 08:00 wib, aku menuju pintu utama dan masuk. Sepertinya petugas yang disamping pintu paham dan langsung tahu kalau aku ingin membuat NPWP. Mungkin orang yang berbicang denganku dimusholla tadi memberi tahu. Dan aku diberi folmulir untuk aku isi. Oya ingat, kalau mau membuat NPWP harus membawa fotocopy KTP ya. Aku tulis semua isi folmulir sesuai yang diarahkan. Pokoknya di dalamnya itu ada alama, pekerjaan, gaji, dan apa lagi ya? Lupa aku heee.

Eits, aku ternyata menjadi pengunjung pertama hari ini. Nomor antrianku adalah A001. Jarang-jarang loh antri nomor pertama, haaaa. Gimana nggak yang pertama, lha datang saja sebelum kantor dibuka. Selesai mengisi folmulir aku menuju ke meja pegawai yang bertugas dan menyerahkan nomor antrian, folmulir, dan KTP. Beliau mencatat dan menginput data diriku.
Nomor antrian pertama loh :-)
Nomor antrian pertama loh :-)
Kurang dari 15 menit kartu NPWP sudah ditangan. Lha cepat banget ya? Padahal temanku yang di Gunungkidul itu butuh waktu hampir 1 minggu jadinya. Ternyata pengalaman temanku yang di Gunungkidul jauh berbeda dengan pengalamanku di Jepara. Pantes temanku itu mangkel, lha di Jepara 15 menit jadi, di Kota Jogja juga jadinya cepat. Ditempat dia lama banget jadinya.
Kartu NPWP-ku sudah jadi
Kartu NPWP-ku sudah jadi
Setelah kartu NPWP ditangan, aku diberi penjelasanan oleh pegawai tersebut mulai dari mekanismenya sampai semuanya. Kemudian nanti surat dll akan dikirimkan ke alamat yang tertera di KTP. Ups cepat banget bukan buat NPWP-nya? Kalau ditempatmu bagaimana? Sehari jadi atau nunggu berhari-hari baru jadi?
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar :

  1. Wah kartu NPWP nya tebal ya. Saya perkirakan tebalnya sudah mirip ATM ya. Tebel gitu. Keren sekaleeee. Kalau kartu NPWP dari Kantor Pajak Pontianak tipis bangeds. Sudah mirip tipisnya sama Kartu Nama

    *Mengharukan

    ReplyDelete
  2. Halo mas. Kbetulan saya jg org Jepara yg saat ini msh stay di Djogja. Saran dr beberapa temen untuk buat NPWP lbh baik di kota domisili KTP biar gk ribet.hehe
    Perlu surat pengantar dari perusahaan gk mas? dr perusahaan saya diminta buat npwp pribadi tanpa pengantar. Apa cukup KTP (beserta FCnya)? atau ada syarat lain?
    Oya mas, kantor KPP Jepara itu ngabul sebelah mana? (kalau dari bunderan ngabul)
    MaturSuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Rauf,
      Saya juga stay di Jogja. Kita ke sana hanya cukup membawa KTP dan fotocopinya. Tidak perlu memakai surat pengantar, jadi langsung saja nanti bilang mau bikin NPWP.

      *Kantornya kalau dari bunderan Ngabul arah ke Pecangan, melewati gapura ngabul (pom bensin), sekitar 200 meter dari gapura (kiri jalan), mas.

      Delete
  3. Hallo Mas Nasirullah... Kalau untuk pajak kategori orang pribadi yang penghasilan dibawah 3 juta'an dikenakan biaya pajak berapa mas untuk satu tahunya terhitung mulai tahun 2015, latar belakang saya bekerja serabutan mas status single. Mohon infonya :) terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah berkunjung, untuk biayanya saya kurang paham, mas. Sama seperti saya, saya juga berpenghasilan di bawah 3juta (sebagai karyawan), namun yang mengurus semua adalah bagian keuangan. Bisa coba tanya di KPP terdekaat, mas. Mohon maaf atas kurang detailnya informasi dari saya.

      Delete
  4. selamat siang mas, mau tanya untuk pembuatan npwp jika membuat usaha jasa misalnya di bidang jasa seperti salon kecantikan. untuk persyaratannya apa harus cukup dengan ktp saja. atau bagaimana ya? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang mbak, setahu saya yang perlu digunakan tidak hanya NPWP tapi juga SIUP. Silakan tanya ke kantor pajak terdekat untuk lebih lanjutnya. Terima kasih.

      Delete