Suasana Sunyi di Pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara (edisi bersepeda di Jepara)

Tujuan akhir bersepeda kali ini adalah pantai Ombak Mati di Bondo. Lokasinya lebih jauh daripada pantai-pantai sebelumnya kalau dari arah Jepara. Akses jalannya pun sama, kembali menuju jalan Jepara – Bondo dan mengayuhkan pedal menuju Desa Bondo. Lumayan panas, karena saat aku bersepeda ke pantai ini tepatnya pukul 10:00 wib. Terlalu asyik berbincang santai dengan teman SMA-ku, sampai hampir lupa dengan rencana awal bersepeda. Tendang lurus, menjelang siang ini lanjut mengayuh pedal menuju pantai terakhir diperjalanan kali ini.

Beberapa menit mengayuh dari perempatan pasar Tawar, aku melewati sebuah gapura tepat di jembatan kecil. Gapura bertulisakan “ Desa Bondo”. Ini artinya aku sudah sampai di desa, tinggal sebentar lagi sampai di pantai Ombak Mati. Semakin cepat aku kayuh pedal, akhirnya ada pertigaan yang menunjukkan arah pantai Bondo belok kiri sekitar 1km. Dengan sigap aku langsung mengarahkan sepeda menuju arah kiri, lumayan juga diterpa angin laut yang agak sepoi-sepoi.
Gapura desa Bondo, Jepara
 Adar menuju pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Adar menuju pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Paling atas Gapura desa Bondo dan gambar bawah arah ke pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Menyusuri sepanjang 1km kemudian terdapat sebuah patung tepat ditengah-tengah jalan, aku ambil kanan sesuai arahan warga setempat. Benar saja disepanjang kiri jalan telah terbangun banyak tempat-tempat makan seperti yang kita sering lihat kalau menuju pantai Pungkruk maupun pantai Empu Rancak. Aku mencoba mencari tulisan pantai Ombak Mati, tapi sayang tidak ada satupun tulisan yang mencantumkan nama pantai ini. Sepeda aku kayuh sampai hampir mentok. Terlihat ditepian pantai beberapa orang memancing, dan aku pun mulai mengabadikan beberapa spot di pantai ini.
 Sudut pantai Ombak Mati, Bondo yang banyak karang
 Sudut pantai Ombak Mati, Bondo yang banyak karang
Sudut pantai Ombak Mati, Bondo yang banyak karang
Sudut pantai Ombak Mati, Bondo yang banyak karang
Masih sangat sepi pantai Ombak Mati ini, hanya ada beberapa pengunjung. Itupun mereka niatnya memancing. Aku lihat pantai ini cukup indah, apalagi kalau sore hari. Benar saja, sepanjang pantai di Jepara akan sangat bagus kalau kita mengunjunginya pada saat sore. Kita dengan leluasa dapat melihat sunset yang indah dari setiap sudut pantai. Dibeberapa spot pantai ini terdapat pohon Ketapang yang cukup besar, lumayan untuk berteduh saat siang hari.
Pasir pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
 Pasir pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Pasir pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Pasir pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Disisi lain pantai ini terdapat bebatuan, namun walaupun begitu pantai Ombak Mati ombaknya cukup tenang. Kok hampir sama dengan nama pantainya ya? J Aku tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan di pantai ini. Kupilih beberapa spot yang cukup bagus untuk diabadikan. Oya, dari pantai ini kita dengan jelas dapat melihat bangunan PLTU loh.
Tower PLTU terlihat dekat dari pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Tower PLTU terlihat dekat dari pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Pantai Ombak Mati ini adalah salah satu tempat wisata alternatif yang bisa kalian kunjungi kalau sedang berada di Jepara. Sama seperti pantai-pantai sebelumnya, pantai ini cukup sepi dan tenang. Kalian bisa menikmati keindahan pantai tanpa harus mendengar hiruk-piruk wisatawan lainnya. Ternyata masih banyak pantai yang belum terkenal dan belum terdengar ditelinga kita namun mempunyai keindahan yang tidak kalah. Salah satunya adalah pantai Ombak Mati ini.
Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
 Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Oke, selesai mengabadikan dan istirahat sebentar aku langsung pulang menuju Jepara. Eh, lupa aku harus mengunjungi satu pantai lagi yang jalannya searah dengan arah pulang. Nama pantai adalah Pantai Blebak, semoga pantai satu ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang aku kunjungi sebelumnya.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar :

  1. Wiiih masih sepi.... tempatnya juga lumayan bagus, ada gazebonya yang bikin tambah menarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata pantai diseputaran Jepara masih sepi :-D

      Delete
  2. wah.. asik banget hiup nya ya.. bisa banyak menjelajahi alam. dan saya pingin mampir ke pantai mati >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo gan main-main :-D
      Main ke Jogja juga heee. :-D

      Delete
  3. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari kota Jepara nggak jauh-jauh amat kok. Jalannya juga bagus :-)

      Delete
  4. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    ReplyDelete
  5. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    ReplyDelete
  6. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    ReplyDelete
  7. wah keren... sangat cocok untuk yang trauma dengan ombak, dan sangat aman juga di pake untuk berenang... Mantab... Salam Wisata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga mas :-D
      Pantai-pantai di Jepara emang jarang ada ombak besarnya :-D

      Delete
  8. Vantaiiii... Kayaknya asik nih buat mainan aer wkwkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu tidak cocok main di air, kamu mainnya di gunung saja. Kan katanya suka yang dingin-dingin kakakakak

      Delete