Suasana Sunyi di Pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara (edisi bersepeda di Jepara) - Nasirullah Sitam

Suasana Sunyi di Pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara (edisi bersepeda di Jepara)

Share This
Panorama pantai Ombak Mati Bondo, Jepara
Panorama pantai Ombak Mati Bondo, Jepara
Tujuan akhir bersepeda kali ini adalah pantai Ombak Mati di Bondo. Lokasinya lebih jauh dari pantai-pantai. Akses jalannya pun sama, kembali menuju jalan Jepara – Bondo dan mengayuhkan pedal menuju Desa Bondo.

Lumayan panas, karena saat aku bersepeda ke pantai ini tepatnya pukul 10:00 WIB. Terlalu asyik berbincang santai dengan teman SMA-ku, sampai hampir lupa dengan rencana awal bersepeda. Misi bersepeda menyusuri sebagian pantai di Jepara kembali berlanjut.

Tidak terasa kayuhan sepeda sampai di perempatan pasar Tawar, kulewati gapura tepat di jembatan kecil. Gapura bertulisakan “ Desa Bondo”. Ini artinya aku sudah sampai di desa tujuan. Tinggal menyusuri jalan menuju destinasi tujuan.

Semakin cepat aku kayuh pedal sepeda. Sebuah plang petunjuk arah ke pantai ada pertigaan. Menurut keterangan dari plang. Jarak dari pertigaan menuju pantai 1 KM. Biasanya jarak tersebut lebih jauh. Aku masih bersemangat mengayuh sepeda.
Gapura memasuki desa Bondo, Jepara
Gapura memasuki desa Bondo, Jepara
Plang petunjuk arah di pertigaan jalan
Plang petunjuk arah di pertigaan jalan
Patung di kawasan Pantai Ombak Mati Bondo
Patung di kawasan Pantai Ombak Mati Bondo
Menyusuri jalan sepanjang 1 KM, kemudian terdapat sebuah patung yang melambangkan sosok nelayan di tengah jalan, kuikuti rute sesuai informasi dari warga. Di sini sempat bingung karena ada beberapa jalur kecil. Beruntung seorang warga setempat memberitahu rute menuju pantai.

Aku teringat plang yang ada di pertigaan jalan besar. Sebuah baliho menginformasikan bahwa di pantai ini tersedia kuliner laut. Benar saja di sepanjang kiri jalan telah terbangun berbagai tempat makan seperti yang seperti di pantai Pungkruk maupun pantai Empu Rancak.

Kembali lagi aku kebingungan mencari tulisan pantai Ombak Mati. Sewaktu di sini, sangat minim plang petunjuk arah menuju tepian pantai. Beruntung aku menggunakan sepeda, sengaja aku teruskan mengayuh hingga sampai batas jalan.

Dari sini, aku melihat aktivitas orang yang sedang memancing. Mereka menggunakan jorang panjang. Tidak ada wisatawan saat siang. Aku sendirian mengabadikan berbagai sudut menggunakan gawai.
Hamparan pasir di pantai ombak mati dan beberapa kapal tertambat
Hamparan pasir di pantai ombak mati dan beberapa kapal tertambat
Memotret sepeda di pantai Ombak Mati, Bondo
Memotret sepeda di pantai Ombak Mati, Bondo
Siang ini pantai Ombak Mati sangat sunyi. Terlihat ada beberapa pengunjung. Itupun mereka niatnya memancing. Geliat wisatawan tidak terlihat saat siang. Berbeda halnya dengan sore hari. Bisa dipastikan banyak pengunjung yang datang ke pantai ini.

Secara keseluruhan, barisan pantai di Jepara menarik dikunjungi. Termasuk pantai Ombak Mati yang berada di Desa Bondo. Aku merekomendasikan untuk datang menjelang senja. Pemandangannya pasti lebih indah. Aku berjalan menapaki pasir menuju  satu tempat yang terdapat pohon Ketapang yang cukup besar. Lumayan untuk berteduh saat siang hari seraya melepas lelah.
Pasir pantai Ombak Mati, Bondo, JeparaPasir pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Pasir pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Pasir pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Hamparan pasir memanjang. Di ujung pantai yang dekat dengan pohon Ketapang identik dengan bebatuan. Aku menikmati waktu sejenak, kembali mengambil gawai, dan mengabadikan panorama pantai saat siang.

Aku tidak tahu kenapa pantai ini dinamakan Pantai Ombak Mati. Apa karena pantainya sunyi dan tidak terdengar riak ombak? Entahlah, saat siang dan musim mendukung tanpa ada ombak besar. Tempat ini memang sunyi.

Kusapu pandangan ke arah yang lain. Tidak jauh di ujung sana terlihat dua menara tinggi dengan asap mengepul. Dua bangunan kembar tersebut adalah PLTU Tanjungjati. PLTU yang setiap hari mengepulkan asap agar listrik terus berjalan.
Tower PLTU terlihat dekat dari pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Tower PLTU terlihat dekat dari pantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Pantai Ombak Mati ini adalah salah satu tempat wisata alternatif yang bisa dikunjungi ketika sedang berada di Jepara. Sama seperti pantai-pantai sebelumnya, pantai ini cukup sepi dan tenang. Kita bisa menikmati waktu tanpa harus mendengar hiruk-pikuk keramaian kota.

Meski nama pantai ini belum setenar Pantai Bandengan. Aku meyakini beberapa waktu mendatang pantai Ombak Mati menggeliat layaknya destinasi wisata pantai yang lainnya di Jepara. Terlebih geliat wisatawan tiap tahun makin meningkat.
Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Narsis dulu dipantai Ombak Mati, Bondo, Jepara
Tidak lengkap rasanya jika belum melakukan swafoto di pantai ombak mati dengan sepeda. Aku meletakkan gawai di pasir, mengganjalnya dengan batu kecil. Seperti biasa, kuatur waktu sepuluh detik, dan terabadikan.

Waktu terus berjalan. Hari makin terik. Jatah istirahat sudah selesai, aku harus segera berkemas. Roda-roda sepeda kembali melintasi jalanan di Jepara. Aku masih harus mengunjungi satu pantai yang sempat terlewatkan. Nama pantai tersebut adalah Pantai Blebak.

Pemutakhiran Informasi

Kini, pada tahun 2019 pantai Ombak Mati benar-benar berkembang. Dari berbagai foto yang beredar di media sosial, tempat ini menjadi salah satu tujuan wisatawan kala berlibur. Di hamparan pasir terdapat kursi-kursi, serta ada spot ala-ala untuk berfoto.

Tentu sebuah kabar yang menyenangkan. Karena semakin banyak pilihan tujuan pantai saat berlibur di Jepara. Seperti yang sudah diketahui, pantai-pantai di Jepara belum banyak yang dikenal khalayak umum. Sedikit terkabur karena adanya pesona keindahan pantai-pantai di Karimunjawa.

Baca juga postingan yang lainnya 

15 komentar:

  1. Wiiih masih sepi.... tempatnya juga lumayan bagus, ada gazebonya yang bikin tambah menarik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata pantai diseputaran Jepara masih sepi :-D

      Hapus
  2. wah.. asik banget hiup nya ya.. bisa banyak menjelajahi alam. dan saya pingin mampir ke pantai mati >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo gan main-main :-D
      Main ke Jogja juga heee. :-D

      Hapus
  3. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari kota Jepara nggak jauh-jauh amat kok. Jalannya juga bagus :-)

      Hapus
  4. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    BalasHapus
  5. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    BalasHapus
  6. Kngen juga ngak pernah ke pantai bondo.

    BalasHapus
  7. wah keren... sangat cocok untuk yang trauma dengan ombak, dan sangat aman juga di pake untuk berenang... Mantab... Salam Wisata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga mas :-D
      Pantai-pantai di Jepara emang jarang ada ombak besarnya :-D

      Hapus
  8. Vantaiiii... Kayaknya asik nih buat mainan aer wkwkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu tidak cocok main di air, kamu mainnya di gunung saja. Kan katanya suka yang dingin-dingin kakakakak

      Hapus
  9. alhamdulillah informasinya sangat membantu sekali untuk perjalanan saya dan teman teman saya menuju panta bondo,dengan adanya artikel diatas dpt membantu mngetahui info pemandangan dan fasilitas yang ada disana ,trims sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang rasanya bisa membantu. Sekarang pantai di bondo sudah bersolek dan indah banget :-)

      Hapus

Pages