Pasir Putih di Pantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara (edisi bersepeda di Jepara)

Puas melihat pantai Pailus, aku melanjutkan perjalananku menuju pantai selanjutnya. Sempat bertanya dengan warga kemudian aku mendapatkan gambaran mengenai ruteku kali ini. Pantai Empu Rancak, ya nama pantai yang masih jarang terdengar sama seperti pantai Pailus yang lokasinya pun berdekatan. Masih berada dikawasan Karanggondang, rute yang aku lewati adalah kembali menuju jalan Bondo, kemudian sampai diperempatan pasar Tawar, belok kiri. Disana ada gapura seperti pantai Pailus, sayang tidak aku abadikan karena lokasinya tepat dipasar, dan ramai orang yang ada di sana.

Aku melewati jalanan yang hampir sama, agak berlubang dan harus sedikit hati-hati. Ketika aku melewati sebuah mushola kecil disisi kiri, aku terdiam seakan-akan pernah sholat disini. Benar saja ternyata tahun 2006 aku pernah sholat disini, dan seberang mushola ini adalah rumah Sojo teman SMA-ku. Sebelum menuju pantai aku bereuni dengan dia dan istrinya. Aku ceritakan dipostingan yang lain untuk kisah ini, yang pasti terima kasih buat temanku Sojo. Terima kasih secangkir kopi hangat dan sarapan paginya diwarung makanmu J

Lanjut ke pantai Empu Rancak, jarak dari jalan raya menuju pantai kira-kira 2km, jadi ini adalah salah satu pantai yang terdekat dari jalan menuju Bondo. Mendekati pantai ada sebuah portal, tapi menurut temanku portal itu saat ini sedang dibekukan sementara. Jadi untuk semantara sampai waktu yang tidak ditentukan masuk kawasan pantai Empu Rancak gratis, enak kan J Setelah melewati portal nanti ada pertigaan, ambil saja yang ke kiri. Jalan tersebut juga menuju sebuah pelabuhan kecil untuk nelayan sekitaran Karanggondang.
Pesisir dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
 Pesisir dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Pesisir dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Pesisir dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Pantai ini cukup luas, ada beberapa pohon pandan yang membuat sedikit rindang. Yang jelas pasirnya sama putih seperti pantai di Karimunjawa. Menurut temanku, pantai ini cukup ramai apabila akhir pekan. Mulai dari Jum’at sore sampai Minggu sore pantai Empu Rancak ini banyak didatangi wisatawan. Aku mencoba melihat dan mengabadikan beberapa spot yang ada di pantai ini. Sebuah kapal menuju pelabuhan kecil ada disamping kiri, dan sebelah kanan terbentang pasir putih yang menyenangkan untuk bermain bersama keluarga. Oya, aku sangat merekomendasikan kalau ingin kulineran masakan khas Jepara seperti ikan Pindang Serani di pantai ini saja.
Pohon Pandan dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
 Pohon Pandan dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Pohon Pandan dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Pohon Pandan dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Pantai Empu Rancak lebih eksotik kalau kita lihat pada senja. Jelas Sunset Pantai Empu Rancak menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Akan tetapi jangan merasa menyesal kalau datang pagi, karena suasana pagi juga tidak kalah indahnya. Di pantai ini ada beberapa warung makan, salah satunya adalah milik temanku. Menurut dia pantai Empu Rancak cocok untuk berkumpul keluarga yang ingin meluangkan waktu bersama keluarga. Benar saja, selain belum terlalu ramai, pantai ini cukup bersih. Kalau tidak percaya lihat saja ini yang aku abadikan.
Sepedanya narsis dulu dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Sepedanya narsis dulu dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Sepedanya narsis dulu dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Seperti biasa, aku mengabadikan diri bersama tungganganku di pantai ini. Seraya menikmati angin sepoi-sepoi pantai Empu Rancak, aku juga menunggu hidangan Ikan Pindang Serani khas Jepara yang dibuat oleh temanku bersama istrinya. Kalau kalian di Jogja pernah mengunjungi pantai Depok yang khusus untuk kulineran, di Jepara pantai Empu Rancak adalah pantai yang menyuguhkan kuliner laut khas Jepara.
Narsis dulu bareng sepeda dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
 Narsis dulu bareng sepeda dipantai Empu Rancak, Karanggondang, Jepara
Walau nama pantai ini masih kalah terkenal daripada pantai-pantai lainnya di Jepara, aku yakin kalian tidak akan menyesal menuju pantai Empu Rancak. Memang setiap pantai ada nilai lebih dan kurangnya, disekitaran pantai Empu Rancak ini dan beberapa pantai disekitarnya hanya kurang fasilitas MCK yang lebih banyak lagi. Selain itu, aku rasa pantai ini wajib kalian kunjungi kalau sedang berada di Jepara. Jaraknya tidak jauh dari pantai Pailus, hanya sekitar 5km dari pantai Pailus.

Puas sarapan sambil berbicang ringan dengan temanku (aku posting dipostingan selanjutnya acara makan-makan Ikan Pindang Serani-nya), aku pun meminta ijin untuk menuju pantai selanjutnya. Pantai Ombak Mati, Bondo. Oya, dari temanku ini aku juga diberi tahu kalau sebelum pantai Pailus dari arah Jepara ada sebuah pantai juga yang namanya pantai Blebak. Katanya pantai itu juga indah, aku tidak sabar sepulang dari pantai Ombak Mati, aku akan singgah sebentar dan mendokumentasikan beberapa spot di pantai tersebut. Jepara memang indah bukan? Banyak pantai di Jepara yang belum terekspos keindahannya, semoga pantai Empu Rancak ini bisa menjadi ikon di Jepara layaknya pantai-pantai yang sudah terkenal lebih dahulu.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

21 komentar :

  1. Sewaktu pergi ke Jepara tahun 2008 lalu, saya belum sempat jalan-jalan ke pantainya.

    ReplyDelete
  2. wow pantainya asyik banget... pantai yg luas dan suahsananya nyaman... sangat cocok untuk di kunjungi, salam Wisata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi salah satu alternatif dikunjungi :-D

      Delete
  3. mas, tertarik sepedanya. kaya gitu berapa ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku pakai Pasific Invert, mas. Harga baru mungkin sekitar 1.8 :-D

      Delete
  4. udah lama gag pernah ke jepara, padahal asli pati :( deket kalao ke jepara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah padahal tinggal naik kendaraan tidak lebih dari 2 jam hahahhahahha

      Delete
  5. jarak dari kota pati brp km n paling enak rutenya lwt mana?thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari Pati sekitar 1 jam perjalanan mas, bisa jadi 40-50 km. Dari Pati mending lewat Dukuhseti - Pantai Benteng Portugis - Hutan Karet - Bondo - Karanggondang.

      Delete
  6. jarak dari kota pati brp km n paling enak rutenya lwt mana?thank

    ReplyDelete
  7. Teah, dapet destinasi wisata baru, terima kasih mas infonya

    ReplyDelete
  8. Pantai nya gak terlalu ramai tp keren :D mungkin jarang yang tau kali ya ? hehehe

    ReplyDelete
  9. mas pantainya bisa untuk berenang nggak? saya tertarik untuk menghabiskan liburan di jepara tahun ini terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai ini cenderung aman mbak. Pantai Utara ombaknya jauh lebih kecil daripada ombak di pantai Selatan. Dan banyak yang berenang di pantai-pantai utara

      Delete
  10. jepara, kota penuh kenangan,,, kala sore itu ^_^

    ReplyDelete
  11. Terima kasih infonya mas, ternyata masih ada pantai indah di jawa bagian utara ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang Jepara pantainya bagus-bagus kok mas

      Delete