Minggu Pagi di Candi Mendut (Edisi Bersepeda ke Magelang)

Akhir pekan ini (Minggu, 9 November 2014) aku sengaja bersepeda lebih subuh. Tujuan kali ini adalah Magelang, ada beberapa tempat yang ingin aku kunjungi dari beberapa bulan lalu. Tatkala jam menunjukkan arah pukul 04:45 wib, aku langsung mengayuh pedal sepedaku menembus subuh dengan penerangan senter kecil yang terpasang di stang sepeda. Jalanan yang aku lalui Kos – Gejayan – Jembatan Layang Jalan Magelang – Sampai arah Magelang melalui jalanan besar. Ini untuk kali pertamanya aku bersepeda akhir pekan pada waktu dinihari.

Beberapa waktu kemudian aku melewati Jembatan, dan gapura Jawa Tengah dan juga dilanjut Gapura Selamat Datang di Magelang. Aku mengabadikan sejenak moment tersebut menggunakan kamera hpku. Fix, perjalanan kau lanjutkan menuju arah jalan ke Candi Borobudur. Ditengah jalan aku melewati Candi Mendut. Aku berhenti sejenak pagi ini untuk melihat daerah sekitar. Sambil menyelam minum air, aku mengabadikan beberapa kali di candi Mendut, Magelang.
Jembatan perbatasan, Gapura Selamat datang di Jateng, dan Gapuran masuk Magelang
Jembatan perbatasan, Gapura Selamat datang di Jateng, dan Gapuran masuk Magelang
Jembatan perbatasan, Gapura Selamat datang di Jateng, dan Gapuran masuk Magelang
Jembatan perbatasan, Gapura Selamat datang di Jateng, dan Gapuran masuk Magelang
Seperti biasa, mumpung berada diarea Candi Mendut, aku abadikan lagi beberapa kali Candi Mendut dari beberapa sudut. Puas berfoto dibagian dekat jalan raya, aku menuju tempat loket untuk masuk ke dalam. Untuk satu orang dikenai HTM 3.5K, aku membayar dan meminta ijin untuk memfoto dari dekat. Bagi kalian yang belum paham sejarah Candi Mendut, ini aku link-kan ke Wikipedia – Candi Mendut agar dapat lebih tahu. Cukup murah bukan, hanya dengan 3.5k kita bisa memasuki candi Mendut. Htm yang sama dengan candi-candi lainnya disekitaran Jogja.
Candi Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
Candi Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
Candi Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
Oya sampai Candi Mendut ini pukul 06:18 wib. Ini artinya dari kos sampai Candi Mendut ini jarak waktu sepeda yang aku tempuh selama 1 jam 33 menit. Lebih cepat 30 menit dari yang aku perkirakan, padahal dari arah Jogja ke Magelang jalanannya cenderung banyak naik sedikit, ini artinya nanti kalau pulang aku bisa lebih cepat. Mumpung masih pagi, jadi menikmati suasana kawasan Candi Mendut dulu, ada beberapa pemuda-pemudi yang mengabadikan diri didekat candi.
Candi Mendut dari dekat
Candi Mendut dari dekat
Candi Mendut dari dekat
Selain mengabadikan candi, aku juga tidak lupa mengabadikan diriku bareng sepedaku diarea candi ini. oke, seperti biasa; ambil hp dan setelan 10 detik dan lari berpose. Alhamdulillah, akhirnya niat menuju Magelang sudah terwujud. Waktunya menuju tujuan sebenarnya untuk bersepeda kali ini. Tujuanku bukan menuju Candi Borobudur, tapi menuju lokasi yang melewati area Candi Borobudur.
Berfoto dulu diarea Candi Mendut, Magelang
Berfoto dulu diarea Candi Mendut, Magelang
Berfoto dulu diarea Candi Mendut, Magelang
Berfoto dulu diarea Candi Mendut, Magelang
Bersepeda pagi ini cuaca sangat mendukung bagi pesepeda seperti aku. Dari Jogja sampai Magelang ini selalu mendung, jadi aku tidak merasa gerah untuk pagi ini. Setelah puas menikmati indahnya Candi Mendut, aku lanjutkan perjalanan kali ini. Semoga tidak nyasar kemana-mana heeeee.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

18 komentar :

  1. Duh duh bersepeda di seputaran candi jadi bikin iri aja ih
    Pengen bangedsssssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo pak, exlore yg di Kalimantan pakai sepeda :-D

      Delete
  2. candi yang selalu seru asik dan josh mas Nasirullah mantap abis dah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, nanti ada kelanjutannya naik sepeda tempat lain mas :-D

      Delete
  3. Aw, belum pernah ke candi mendut aku, dan kangen juga melihat penampakan jembatan2 layang yang ada di kampung. Keren ih, jalan2 pake sepeda, sekalian olahraga dan berwisata ya...

    Btw, mas Rullah komen di blog aku yg ttg Pulpen ya..? Di email sih ada pemberitahuannya, tapi, pas aku buka blog, gak ada komenmu. Apa terdeteksi spam ya komen kamu, atau hanya masalah sistem yg error..? Aku gak ngehapus komen kamu lo, tapi emang gak ada, aku jg bingung.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo bersepeda mbak :-)

      Iya mbak, komentar tentang pulpen :-) Walah gak apa2 mbak kalo misalnya terhapus heee, santai besok kalau posting juga bakalan terus aku komentari haaa. :-D

      Delete
  4. jadi sirik gw, pengen main sepeda lagi btw nice pict bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-D
      Nyebar virus biar pada kangen sepedaan :-)

      Delete
  5. Weh lagi GOWES di Candi Mendut nih,,, weh weh weh jadi ngiri ngelihatnya.

    ReplyDelete
  6. wiihh asik banget tuh kayaknya candinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Candinya dekat jalan, jadi bisa bersantai sebelum ke Borobudur

      Delete
  7. waahhh wasik banget tuh kak di candi mendut bisa mancal :D

    ReplyDelete