Singgah dan Mengabadikan Sepeda di Pantai Kuwaru, Bantul

Satu pantai sudah kami kunjungi, yakni pantai Baru. Agenda susur pantai (Sabtu 31 Jan 2015) berlanjut menuju pantai sebelah yang tidak jauh. Hanya beberapa ratus meter saja dari pantai Baru. Tepatnya di pantai Kuwaru, lokasi masih sama di desa serta kecamatan yang sama dengan pantai Baru. Sebuah tulisan terpampang besar dan jelas membuat kami langsung membelokkan kearah kanan jalan menyusuri jalanan menuju pantai. Menyenangkan bukan akhir pekan dengan susur pantai menggunakan sepeda.
Menyusuri jalanan ke pantai Kuwaru
Menyusuri jalanan ke pantai Kuwaru
Menyusuri jalanan ke pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru ini sama seperti pantai Baru, selain itu letaknya memang bersebelahan saja. Namun beberapa orang lebih mengenal pantai Kuwaru terlebih dahulu sebelum pantai Baru mencuat namanya pada beberapa tahun silam. Kawasan pantai ini tidak terlalu luas bangunan rumah/warungnya. Cukup berbeda dengan pantai Baru yang area parkir dan warung lebih luas, disini terlihat lebih sedikit. Untuk infrastruktur jelas lebih maju pantai Baru. Hal ini dapat kita lihat dengan beberapa bangunan baru disepanjang pantai Baru.

Hamparan pasir terlihat di depan, ombak laut yang nyaris tidak ada bedanya dengan pantai Baru. Namun disini bangunan rumah kayu lebih menjorok dekat pantai. Beberapa rumah dibuat dengan model panggung, namun disisi lain juga sama seperti pantai Baru. Walau lebih lama dikenal pantai Kuwaru, tapi untuk pengunjung lebih banyak pantai Baru. Pantai ini benar-benar sepi dari pengunjung. Dari kejauhan hanya tampak jejeran sampan/perahu warga yang digalang karena tidak melaut.
Hamparan pasir pantai Kuwaru
Hamparan pasir pantai Kuwaru
Hamparan pasir pantai Kuwaru
Aku beserta Ardian tidak lama di pantai Kuwaru ini, kami hanya mengabadikan beberapa moment saja bareng sepeda. Aku juga heran kenapa pengunjung pagi ini tidak ada dipantai ini? Mungkin mereka lebih tertarik untuk menuju pantai Baru yang fasilitas dan infrastrukturnya lebih bagus. Kalau memang pantai ini diberdayakan untuk tempat wisata, ada baiknya penduduk setempat maupun para pengelola meniru apa yang dilakukan oleh pantai Baru. Infrastruktur harus dibenahi dan diperbaiki, selain itu parkiran juga diperluas dan diberi jalan-jalan kecil/trekking layaknya pantai Baru agar para pengunjung juga tertarik menuju pantai ini. Bukan tidak mungkin jika terlihat bagus, maka pengunjung pun tidak segan berkunjung ke pantai ini untuk menikmati waktu bersama keluarga.
Mengabadikan di pantai Kuwaru
Mengabadikan di pantai Kuwaru
Mengabadikan di pantai Kuwaru
Perbedaan yang terlihat antara pantai Kuwaru dengan pantai Baru yang aku tulis bukan berarti mengkritik, hanya saja ingin agar setiap pantai walau letaknya berdekatan dengan pemandangan yang sama akan sama-sama dilirik para pengunjung. Jika setiap pantai dikunjungi oleh pengunjung, bukan tidak mungkin warung-warung disekitar bisa lebih ramai dan penduduk sekitar mendapat penghasilan yang lebih banyak juga. Jika kalian berkunjung dikawasan pantai ini, ada baiknya mengunjungi seluruh pantai yang berdekatan agar tidak penasaran dengan pantai lainnya.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

24 komentar :

  1. Jogja memang istimewa. Banyak banget objek wisata yang menarik untuk kita kunjungi..mantap gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan, sebenarnya setiap sudut negeri kita ini sangat indah :-)

      Delete
  2. Enak banget bisa sepedaan di sana.. Duh, jadi pengen pindah ke Jogja :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode untuk cepat nikah dan tinggal di Jogja, haaaa. Nanti tulang temani main2 haaaa..

      Delete
  3. Pantainya kok sepi mas? apa kesananya pas bukan hari libur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari libur mas, namun memang pantai ini cenderung lebih sepi :-)

      Delete
  4. Pemandangannya bagus juga, disana tidak ada kendaraannya mas ?? Kelihatan tidak ada aktivitas :)

    ReplyDelete
  5. Bantu itu memiliki potensi wisata pantai yang indah ya Mas, namun sayang belum digali dengan benar potensi di wisyah tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hanya pantai Depok dan Parangtritis yang sudah lebih dikenal :-)

      Delete
  6. kerennnnn banget pemandangannya.... sayangnya aku gak bisa bersepda :(

    ReplyDelete
  7. Indah kayaknya bisa naik sepeda di pinggir pantai apalagi bareng orang terkasih :D hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, itu yang kayaknya perlu diagendakan :-D

      Delete
  8. Kok pantainya hitam ya mas pasirnya? Atau karena pas difoto aja kelihatan hitam? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai Selatan di Bantul memang pasirnya hitam. Mulai dari ParangTritis sampai ke Kulonprogo di pantai Glagah dll

      Delete
  9. cuma bisa lihat-lihat dari sini
    tapi tak apa-apa ....pemandangannya indah

    ReplyDelete
  10. Kalo di pantai gini, enak nya makan seafood sama es kelapa muda. Gw sebenar nya suka banget ama pantai yg pasir nya item tapi kalo kotor jadi kurang kece :-)

    ReplyDelete
  11. yang ada dipikiranku,kalo ntr bisa ketempat mas,boncengin ya hohoho

    ReplyDelete