Arsitektur Unik “Rumah Berbentuk Kamera” di Majaksingi, Magelang (Edisi Bersepeda ke Magelang) - Nasirullah Sitam

Arsitektur Unik “Rumah Berbentuk Kamera” di Majaksingi, Magelang (Edisi Bersepeda ke Magelang)

Share This
Masih edisi bersepeda di Magelang (Minggu, 9 November 2014), tujuan selanjutnya adalah menuju dusun Majaksingi, Magelang. Start dari Candi Mendut pukul 06:28 wib, akhirnya aku sampai dikawasan Candi Borobudur pada pukul 06:41 wib. Aku menghentikan sepeda untuk melihat kawasan parkir ke Candi Borobudur. Pagi ini sudah beberapa kali bus pariwisata yang memasuki area parkir candi. Selanjutnya aku bertanya ke warga setempat tentang daerah Majaksingi, khususnya tempat targetku yakni “Rumah Kamera”.
Disekitaran Candi Borobudur, Magelang
Disekitaran area Candi Borobudur, Magelang
Tepat sekali, bertanya kepada warga setempat itu memang GPS yang paling akurat. Dengan sekali penjelasan secara detail oleh warga akhirnya aku lanjutkan perjalanan menuju Majaksingi. Beberapa ruas jalan cukup ramai polisi yang menjaga event lari marathon pekan depan. Kali ini hanya untuk gladi resiknya. Ini informasi yang aku dapatkan dari salah satu polisi yang berjaga. Perjalanan ini agak lama karena aku berbincang lama dengan polisi saat bertanya tentang event lari marathon.

Menuju Majaksingi ini ternyata satu arah jalan ke Punthuk Setumbu, hanya saja ketika sampai perempatan yang ke Punthuk Setumbu belok kanan, arah ke Majaksingi tetap lurus. Kukayuh sepeda lurus melewati jalan sedikit rusak dan beberapa gundukan material untuk perbaikan jalan disetiap sisi. Tidak lama kemudian tepatnya pukul 07:03 wib aku sampai juga dilokasi. Lokasi rumahnya ada disisi kiri jalan.
Pertigaan menuju Puthuk Setumbu
Jalan menuju Majaksingi, Magelang
Jalan menuju Majaksingi, Magelang
Jalan menuju Majaksingi, Magelang
Sampai dilokasi, aku melihat beberapa pengunjung sedang berfoto didepan Rumah Kamera. Rumah Kamera ini adalah target utama yang ingin aku datangi dengan bersepeda. Aku mendapatkan informasi tentang rumah ini melalui salah satu stasiun televisi yang pernah meliputnya saat bulan puasa tahun 2014. Dari sana akhirnya aku tertarik untuk bersepeda kesini.
Inilah rumah berbentuk kamera di Majaksingi, Magelang
Inilah rumah berbentuk kamera di Majaksingi, Magelang
Inilah rumah berbentuk kamera di Majaksingi, Magelang
Oya dari berbagai info mulai dari liputan televisi, baca dibeberapa blog, sampai pagi ini aku berbincang dengan salah satu guide yang mengantarkan dua turis ke dalam rumah ini, Rumah Kamera ini didalamnya banyak terpajang lukisan. Layaknya Galeri lukisan. Dan untuk kali ini aku tidak masuk, rencananya beberapa waktu kedepan aku akan bersepeda kesini lagi bareng teman-teman komunitas bersepeda dan masuk. Kali ini cukup mengabadikan bentuk rumah dari luar saja.

Sambil melepas lelah, aku berbincang dengan dua cewek yang bersepeda kerumah ini. Ternyata keduanya adalah warga setempat Majaksingi. Menurut mereka sejak ada bangunan Rumah Kamera ini, tiap akhir pekan ada banyak pengunjung yang bersepeda kesini dan berfoto didepan rumah ini. Ini juga yang membuat aku tidak lupa mengabadikan diriku bareng dengan sepeda kesayanganku. Lumayan, akhirnya target utama sudah terpenuhi. Setelah ini rencananya aku ingin pulang menuju Jogja lagi.
Foto bareng sepeda di depan rumah kamera, Majaksingi, Magelang
Foto bareng sepeda di depan rumah kamera, Majaksingi, Magelang
Foto bareng sepeda di depan rumah kamera, Majaksingi, Magelang
Tapi rencana langsung pulang ke Jogja aku pending, tadi waktu menuju kesini aku melihat diperempatan belok kanan ke Punthuk Setumbu itu hanya 4 km saja. Aku bertanya pada guide, katanya jalannya tidak terlalu menanjak. Hanya dekat parkir agak nanjak. Oke, mumpung masih pagi dan mumpung di Magelang, akhirnya aku putuskan menuju Punthuk Setumbu. Bismillah, semoga masih kuat.
Baca juga postingan yang lainnya 

31 komentar:

  1. Wah unik juga ya. Hmm. Terinspirasi kamera nih arsiteknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, ke Magelang sebenarnya hanya mau ke sini :-)

      Hapus
  2. wah josh mas...kerenn nggenjot bensinnya dialihkan ke perutt mantap mas Rullah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tetap aja mas belum bisa lebih gemuk, masih kurus heeee

      Hapus
  3. Unik... tapi kapasitasnya brapa keluarga itu yah hehe..

    Oya kunjungan perdana neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya mas :-)
      Bangunan ini setahu saya hanya untuk galeri lukisan mas :-)

      Hapus
  4. ini baru beda dengan yang lain. ternyata di indonesia ada juga rumah unik berbentuk kamera ya gan. baru tau. ok makasih telah berbagi pencerahan dan salam sahabat blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mbah Dinan :-)
      Iya, sudah mulai ada bangunan-bangunan yang unik :-)

      Hapus
  5. Waduh saya jadi ngiri ngelihatnya, soalnya bisa keliling Indonesia pakai sepeda.. GOWES

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doain aja mas bisa keliling Indonesia :-)

      Hapus
  6. saya juga lebih suka tanya ke orang. Tapi kalau suami lebih suka pake GPS hihi

    Rumahnya unik ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau daerahnya masih diperkotaan enak pakai GPS beneran, kalau dikampung enak sama warga :-D

      Hapus
  7. rumah sepedany keren ya mas, tapi lebih keren lagi sepeda dan yang punya sepeda, Salut bersepeda terus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, ini juga meluangkan waktu untuk bersepeda ditempat-tempat yang bisa dijangkau :-)

      Hapus
  8. rumah kamera dengan lensa tele,, (sesuai dengan hobi saya) kreatif sekali orang yang mendesaign rumah ini..
    postingan yg bagus mas (y)
    http://ceritakan27.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas ilham :-)
      ah kayaknya calon fotografer ini heee, aku malah belum kesampaian buat beli kamera :-D

      Hapus
  9. wew...aku jd pengen kesini, secara aku doyan bingit dgn segala sesuatu yg berhubungan dgn kamara.. btw, ada rumah yang kayak bingkai foto gak ya disana..? :D

    BalasHapus
  10. Bagus, bagus. Dirimu sudah mau nyepeda dengan jarak yang lumayan jauh dan seorang diri. Semoga ke depannya tidak kapok ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini terinspirasi dari kamu mas heeee. Kemarin saya nyasar di Dlingo sampai ke Playen sendirian :-D

      Hapus
  11. infonya tentang rumah kamera sangat menarik , kami dari Info Jual Rumah Murah Di Magelang sangat terinspirasi , termakasih

    BalasHapus
  12. Ini semacam museum kah, mas? Ambu-ambune kok ho'o..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semacam galeri mas, katanya banyak koleksi lukisan :-D

      Hapus
  13. unik banget ... rumah berbentuk kamera ..... yang punya seniman ya ,,,

    BalasHapus

Pages