Legitnya Gatot (Makanan dari Singkong) - Nasirullah Sitam

Legitnya Gatot (Makanan dari Singkong)

Share This
Makanan lainnya yang berasal dari Gunungkidul adalah Gatot. Gatot dan Tiwul memang sepertinya sudah satu paket. Ibarat kata, di mana ada Tiwul, di situ juga ada Gatot. Ya, Gatot adalah makanan tradisional dari Gunungkidul yang rasanya manis dan legit. Lagi-lagi aku mendapatkan oleh-oleh satu paket. Satu besek Tiwul dan satu besek Gatot. Asyik kan?
Gatot Gunungkidul
Gatot Gunungkidul
Gatot Gunungkidul
Sebenarnya Gatot maupun Tiwul awalnya dalah makanan sehari-hari pengganti nasi. Tapi akhir-akhir ini, kedua makanan tersebut menjadi oleh-oleh yang bisa dibeli wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Perbedaan yang mencolok antara Tiwul dengan Gatot adalah potongannya. Kalau Tiwul seperti postingan sebelumnya diparut menggunakan mesin, sedangkan Gatot dipotong kecil-kecil, kemudia proses selanjutnya direndam seharian.

Pada Gatot yang aku dapatkan (lihat di gambar) ini adalah Gatot manis.  Karena setelah direndam kemudian dillauri Gula Merah saat dikukus. Jika menginginkan rasa gurih. Maka Gula Merah tersebut diganti dengan Garam dan parutan kelapa. Gatot yang aku dapatkan ini sudah dilumuri Gula Merah. Sehingga tampilannya menggoda seperti ini.

Bahan dasar tetap sama, yakni Singkong. Tapi dengan kemasan dan tampilan yang berbeda, maka rasanya pun cukup berbeda. Tidak susah untuk mencari oleh-oleh Gatot, karena sepanjang jalan di Gunungkidul banyak orang yang berjualan Gatot. Baiklah, aku hrus menikmati Gatot ini terlebih dahulu. Jika kalian minat, kalian bisa mengunjungi Jogja dan berburu makanan tradisional ini. Cita rasanya pun menggugah selera untuk melibas sampai habis.
Baca juga tulisan yang lainnya 

27 komentar:

  1. wihh gatot, dimana yah mendapatkan kuliner ini, apa mesti ke gunung kidul neh .. :)

    BalasHapus
  2. gatot ini makanan kesukaan nenek saya :)

    BalasHapus
  3. Selain yang manis, saya pernah nyoba yang rasa pedas :D

    BalasHapus
  4. aku belum pernah denger makanan gatot dan tiwel. Tapi gambarnya bikin aku laper wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pasti terlahir jauh dari kata kampung dan dusun haaaaa

      Hapus
  5. ya amsyong, liat makanan jadi laper aja nih perut x_x ..

    BalasHapus
  6. Saya suka singkong mas,pgn coba yang ini nie .. hemmm jd laper

    BalasHapus
  7. dari awal pertama baca judulnya, saya pikir, pasti makanan yang gagal total, tapi eh gagal paham nih, ternyata nama makanan yaa, baru denger nih gatot adalah nama makanan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaa, malahan; harus mencari untuk dicicipi loh :-D

      Hapus
  8. Waduh! Gambarnya bikin ngiler, Kak!

    Yuk, ikutan! -> GIVEAWAY: Hemat Ongkos dengan Uber http://wp.me/p39Fhn-ps #senjamoktika

    BalasHapus
  9. Dulu waktu kecil aku pertama kali denger nama makanan ini senyum2 sendiri, namanya ituloh mirip tokoh wayang "Gatot koco".
    apa ada hubungannya ya sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaa, entahlah kalo itu aku nggak paham :-D

      Hapus
  10. Parahparah baru buka udah disuguhi gambar penggoda nafsu beginian :'3 Sebagai anak pedalaman Kalimantan, aku baru tau adanya makanan ini. Tapi kayanya enak deh, apalagi pake gula merah sama parutan kelapa. Beuhhh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmmm, gimana kalo bikin sendiri di Kalimantan haaaa

      Hapus
  11. Kalau sebutan tiwul di bekasi masih banyak, Tapi kalau Gatot sepertinya sulit ditemukan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa, biasanya emang satu paket loh, mas :-D

      Hapus
  12. Saya uda pernah makan, enak. Tapi Gatot yg sekarang uda jadi tersangka oleh KPK kayaknya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaaa. sepertinya saya tahu itu kakakkaakkaka

      Hapus
  13. Kalo di tempatku itu namanya Serawut, mas. Ada yang manis dan gurih dibuatnya juga dari singkong. Memang banyak banget kuliner yang satu rupa beda nama, bukti keberagaman daerah dan bahasa Indonesia juga, sih.

    BalasHapus
  14. Kangen dengan si Gatot yang legit dan enak ini. Kirim ya Kang....... he,, he, he,, he,,

    BalasHapus
  15. Aku doyan iki, di gresik kalo pagi ada yg jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya udah dilobas semua sama kamu, om haaa

      Hapus

Pages