Mengayuh Pedal Menuju Dermaga Kayu Mrican, Karimunjawa - Nasirullah Sitam

Mengayuh Pedal Menuju Dermaga Kayu Mrican, Karimunjawa

Share This
Pulang ke Karimunjawa selalu ada cerita tersendiri, walau kali ini aku mudik terlambat dan hampir seluruh agenda yang sudah kurencanakan gagal total. Aku tidak mau menyia-nyiakan kesempatan bersepeda keliling Kemujan. Ya, Kemujan adalah salah satu desa di Karimunjawa. Tujuanku masih berkeliling naik sepeda. Menjelang pukul 07;00 wib hari ini (Rabu, 22 Juli 2015), aku mengayuh pedal sepeda menuju Mrican. Sebelumnya, aku berhenti di posko KKN UGM 2015 yang ada di Gelaman, di sana ada temanku sesama UGM Bersepeda (Azis) yang KKN.

Karena Azis banyak acara, akhirnya aku mengambil inisiatif keliling sendirian beberapa sudut desa Kemujan. Tujuanku adalah Dermaga Kayu Mrican. Lokasinya tidak jauh dari Gelaman, hanya perlu naik sepeda kurang dari 10 menit. Kalau dari dusunku sekitar 20 menit lah. Aku pernah mengulas dermaga ini saat sunset. Kali ini pun pemandangan tidak jauh berbeda. Sebuah jembatan kayu, ditambah beberapa kapal kayu tersandar tenang. Di depannya juga pulau Mrico, dan tentunya pemandangan yang cukup indah saat cerah.
Pelabuhan Mrican dikala pagi hari
Pelabuhan Mrican dikala pagi hari
Pelabuhan Mrican dikala pagi hari
Di tepian dermaga, ada sebuah kapal yang sedang digarap oleh dua bapak-bapak. Aku melihat dari kejauhan, kemudian aku pun menghampiri beliau. Kami pun berbincang lama mengenai pembuatan kapal. Dari ini aku berhasil secara tidak langsung mewawancarai beliau lebih detail tentang berapa lama membuat kapal tersebut. Untuk edisi itu, aku akan posting ditulisan lainnya. Karena hari itu ada beberapa tempat dan tentunya orang yang membuat kapal. Aku berbincang santai seraya mengamati cara mereka bekerja.
Pembuatan kapal kayu di tepi pantai
Pembuatan kapal kayu di tepi pantai
Ahh, lupa aku. Kalian tentu penasaran bagaimana dengan pantai di dermaga ini kan? Aku paham kok dengan pikiran kalian saat membaca. Seperti inilah pantainya, hamparan pasir memang tidak terlalu luas, ditambah dengan pepohonan yang tumbuh tepat di tepian pantai. terkadang pohon-pohon tersebut terkena hempasan ombak saat cuaca sedang buruk. Kali ini cuaca tempatku sedang terkena angin timur. Jadi pantai ini tidak terkena dampak dari dekat karena menghadap ke barat. Oya, saat yang paling tepat di sini adalah melihat sunset. Kalian akan disajikan keindahan sang mentari terbenam dikala senja dan saat cuaca mendukung.
Pemandangan di pantainya
Pemandangan di pantainya
Pemandangan di pantainya
Tentunya kesempatan menyusuri tempat ini dengan bersepeda tidak bakalan aku sia-siakan. Aku yang dari awal sudah membawa kamera Pocket dan sebuah Tripod pun mulai beraksi. Suasana sepi membuat diri ini bebas beraksi layaknya seorang wisatawan, lengkap dengan sepeda, helm, dan jersey.
Narsis dulu naik sepedanya
Narsis dulu naik sepedanya
Narsis dulu naik sepedanya
Jangan pernah merasa bosan dengan tanah Karimunjawa. Di mana pun kita singgah, tetap ada keindahan yang tidak pernah sama untuk dilihat, dirasakan, dan tentunya dinikmati. Menjelang terik panas mentari pagi ini, aku berpamitan ke bapak-bapak yang membuat kapal untuk menuju tempat lain. Tempat yang masih ada di tanah Kemujan, Karimunjawa.
Baca juga tulisan lainnya 

40 komentar:

  1. dermaganya nampak bagus, fotonya keren mas..
    asyik ngayuh terus neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas :-)
      Mengayuh pedal untuk mendapatkan bahan nulis blog :-D

      Hapus
  2. sederhana namun tetap indah
    indah untuk dilihat, dirasakan dan dinikmati
    keren bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, merasa santai dan menikmati perjalanan pendek ini.

      Hapus
  3. Dermaga kecil untuk para nelayan yah, tapi tetep keren buat eksis foto" di sana :D
    Jadi pengen liburan ke pantai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, bahkan kalau sore kita bisa lihat sunset dari sini.

      Hapus
    2. Wih keren mas bisa liat sunset disana

      Hapus
    3. Kalo sore seru harusnya, mas :-D

      Hapus
  4. berkunjung ke blog ini selalu disuguhi dengan pemandangan yang indah dan cerita yang oke :)
    kali-kali ajakin aku kesana dong mas *apaan sih* *maaf bajak* hihi

    BalasHapus
  5. Wah scriptya maut juga ya CURSOR diletakkan di atas foro berwarna eh berubah warnanya jadi MONOCHROME.

    BalasHapus
  6. pemandangannya oke banget mas, apalagi untuk selfi :)

    BalasHapus
  7. Oke next destination *taro di wishlist*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari ke Karimunjawa *malah promosi :-D

      Hapus
  8. Balasan
    1. Iya, dari tahun 2010 sampai sekarang KKN UGM masih berlanjut di Karimunjawa :-D

      Hapus
  9. Aku nggak bosan~ soalnya belum pernah kesana T_T sepedaan disana asik juga yaaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru kalo sepedaan, mas. Tidak lebih dari 2 jam untuk keliling Karimunjawa :-D

      Hapus
  10. Saya punya impian untuk traveling di Karimunjawa. Saya ngiler membaca cerita blogger yang sudah kesini.
    sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal menentukan waktu kapan ke sini, mas :-D
      Semoga bisa berkunjung ke Karimunjawa

      Hapus
  11. Tempat yang bagus bisa membuat perjalanannya menyenangkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa dijadikan salah satu tempat untuk berwisata :-D

      Hapus
  12. wow jiwa adventurenya kuat nih, enak ya kalau punya sepeda gunung, pnya saya mah sepeda balap, takut gembos kenak batu, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga ukuran ban sepeda kecil :-)
      yang penting ati-ati aja naik sepedanya heee

      Hapus
  13. saya punya dua kata untuk ini "sumpah keren" !!!
    kak, keliatannya tiap hari travelling mulu, ikutan dong :p wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heeee kalau ikut berarti sepedaku harus pakai boncengan :-D

      Hapus
  14. kang itu keren buat liatin sunset. mungkin kalo memang disekitar bagus bisa buat daiving :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di dekat sini memang ada spot indah untuk Diving, aku akan ulas itu kalo ada waktu Diving di sini :-D

      Hapus
  15. aku tertarik cara2 pembuatan kapalnya mas ;)... drdulu slalu penasaran... gimana kapal itu bisa terapung di atas air, cara pembuatannya dll :D. ditunggu loh postingan kapalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik ada yang penasaran heee. Ditunggu ya :-D

      Hapus
  16. dari dulu pengen banget ke karimun jawa

    BalasHapus
  17. Karimunjawa memang cantik,,,, nice post,,,,, salam kenal mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee, setiap sudut Negeri kita emang indah, kok :-)
      Salam kenal, mbak :-)

      Hapus

Pages