Pengalaman Membawa Sepeda Lipat Naik Kereta Api Indonesia - Nasirullah Sitam

Pengalaman Membawa Sepeda Lipat Naik Kereta Api Indonesia

Membawa sepeda lipat naik Kereta Api
Sejak Kereta Api berbenah, aku mulai sering menggunakan transportasi Kereta Api. Berawal dari perjalanan Jogja-Bandung, hingga akhirnya ke beberapa kota/kabupaten menggunakan transportasi Kereta Api.

Seperti malam ini, aku naik kereta api Lodaya menuju Bandung. Kali ini tujuanku adalah turut meramaikan gelaran Palintang Uphill Challenge. Dari Jogja, aku dan teman sengaja membawa sepeda lipat.

Ini menjadi pengalaman pertamaku membawa sepeda lipat di kereta api. Aku acapkali melihat orang-orang menggeret sepeda lipat di Stasiun Tugu. Namun, untuk membawa sepeda sendiri baru kali ini.

Bersama kawan, kami melipat sepeda, lantas turut antre masuk kereta api. Petugas di tiket sepertinya sudah terbiasa dengan pemandangan penumpang membawa sepeda. Sehingga mereka bersikap santai.

Sesuai dengan edaran PT Kereta Api Indonesia, sepeda yang diperbolehkan dibawa naik kereta api adalah Sepeda Lipat. Adapun persyaratannya antara lain; berat sepeda maksimal 20 KG, dan diameter roda sepeda maksimal 22 inchi.
Info KAI terkait aturan membawa sepeda
Kami sengaja naik di gerbong ekonomi. Pukul 20.00 WIB, kereta api Lodaya berangkat. Kami mencari gerbong yang tertera pada tiket sembari menenteng tiga sepeda lipat yang sudah kami lipat. Nantinya kami turun di Stasiun Kiaracondong.

Berhubung tempat di gerbong yang luas adalah dekat toilet, kami letakkan sepeda di sana. Di dalam kereta api, aku tidak lantas duduk santai di kursi. Aku mencari petugas kereta api untuk berkoordinasi terkait letak sepeda. Takutnya menggangu penumpang kereta api yang lainnya.

Petugas kereta api yang mengecek tiap penumpang tampak di gerbong depan. Aku langsung menghampiri sembari menunjukkan tiga sepeda yang kubawa. Respon petugas sangat ramah. Sepeda memang diperbolehkan dibawa. Namun, terkait peletakannya sepeda harus tidak mengganggu penumpang.

“Selamat malam bapak, saya Sitam yang membawa tiga sepeda lipat ini. Apakah di sini boleh saya menaruh sepeda? Atau harus saya pindahkan ke tempat yang lain?” Ujarku sembari menjabat tangan.

Petugas tersebut merespon dengan baik. Beliau memotret sepeda yang kami taruh di dekat toilet, yang berbatasan antara gerbong 1 dengan gerbong 2, lantas mengirimkan ke WAG KAI. Sepertinya petugas kereta api berkoordinasi dengan sejawat dan atasannya melalui WAG.
Petugas Kereta Api yang mengecek sepeda
Dari diskusi WAG, beliau disarankan untuk memindahkan sepeda ke gerbong paling belakang agar tidak mengganggu lalu-lalang penumpang yang ingin naik maupun turun.

“Biar petugas kami yang memindahkan ke belakang, mas.”

Petugas kereta api meminta pegawai kebersihan untuk memindahkan sepeda, pun dengan bapak yang bertugas menemani petugas KAI. Satu sepeda lagi, aku yang memindahkan. Terus terang, aku angkat topi dengan kesigapan petugas kereta api.

Bagi kalian yang kali pertama membawa sepeda lipat menggunakan kereta api. Ada beberapa hal yang harus kalian pahami;

• Sepeda harus dilipat, dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan KAI
  • Laporkan dan koordinasi dengan Petugas KAI tentang bawaan sepeda lipat
  • Letakkan sepeda di tempat yang tidak mengganggu penumpang yang lainnya (pengalamanku di gerbong ekonomi)
  • Lebih baik memilih gerbong yang paling belakang (untuk kelas Ekonomi), nantinya sepeda ditaruh di dekat toilet belakang.
  • Jangan lupa mengucapkan terima kasih ke petugas KAI atas pelayanannya.

Gerbong belakang memang tidak mengganggu lalu-lalang penumpang. Karena berbatasan langsung dengan lokomotif. Dua pintu tiap samping dikunci petugas kereta api. Beliau juga menjajal masuk ke toilet, memastikan apakah letak sepeda menggangu atau tidak.
Sepeda diletakkan di belakang agar tidak mengganggu penumpang yang lain
Setelah dipastikan aman dan tidak mengganggu. Saya kembali ke kursi dan mengucapkan terima kasih. Pelayanan cepat dari petugas KAI ini membuatku makin ketagihan untuk membawa sepeda lipat ke luar kota. Khususnya yang ada transportasi kereta api.

Untuk membawa sepeda, tidak ada biaya tambahan. Kita hanya membayar tiket untuk orang seperti biasanya. Intinya, ketika membawa sepeda, kita harus mengabarkan kepada petugas. Hal ini agar memudahkan diri kita sendiri terkait barang bawaan.

Tanpa terasa, dinihari kami sudah sampai di Stasiun Kiaracondong. Aku dan teman yang lainnya kembali mengangkat sepeda keluar, dan nuntunnya di ruang tunggu. Kami secara berganti salat subuh, lantas foto di stasiun. Paginya menyusuri jalan menuju Ujungberung.

Menariknya, ketika minggu sore pulang, kami menaiki kereta api yang sama. Tidak hanya kereta apinya saja, petugas yang mengecek pun sama. Tatkala aku bilang membawa sepeda, beliau malah yang ingat.
Sampai di Stasiun Kiaracondong, Bandung
“Mas-nya kan yang kemarin dari Jogja. Kita ketemu lagi,” Sapa petugas KAI.

“Mohon maaf pak, saya malah lupa,” Jawabku sembari minta maaf.

Kami berbincang sesaat, sebelum beliau melanjutkan pengecekan. Sepertinya, perjalanan pulang ini lebih santai, karena tidak perlu lagi berkoordinasi dengan petugas KAI terkait sepeda. Bagi kalian yang belum pernah membawa sepeda lipat di kereta api, kalian bisa menjajalnya. *Yogyakarta-Bandung, 08 – 10 April 2019.

Bagasi Sepeda di Aplikasi KAI Indonesia

Setelah menggaet para pesepeda lipat, KAI Indonesia terus membuat inovasi bagaimana agar para penumpang yang membawa sepeda lipat bisa nyaman ketika menggunakan kereta api. Di aplikasi KAI ACCESS sudah ditambahi fitur bagasi sepeda.

Tentu dengan adanya fitur ini memudahkan para mengguna sepeda untuk menaruh sepeda di gerbong tertentu. Serta petugas KAI juga bisa mengetahui jika penumpang tersebut membawa sepeda lipat. Aku mendapatkan informasi ini ketika iseng mengecek harga tiket kereta api.
Fitur penambahan bagasi sepeda di aplikasi Kereta Api Indonesia

Makin penasaran lagi, sepertinya kalau pas lagi akhir pekan mau mencoba lagi naik kereta api ke beberapa kota terdekat. Tentu tujuannya sekadar menikmati kota-kota tersebut dengan bersepeda. Siapa tahu di masa mendatang tak hanya sepeda lipat, tapi MTB pun bisa masuk. Semoga saja.

1. haha, petugasnya masih inget ya...
    sekarang lebih bagus ya kereta api, udah lama gak naik nih, gak tahu perkembangannya

1. Salut sama bapak petugasnya hahahahaha.
      Aku aja malah kaget pas beliau bilang waktu pulang

2. hmm..hanya sepeda lipat yah ehhee....kalo sepeda lain terpaksa naik moda transportasi lain yah.

1. Sementara hanya sepeda Lipat. Bedak kalau pesawat, sepeda MTB atau roadbike boleh, tapi kudu dipereteli semua

3. Wah jangkauan ngegowes jadi bisa makin jauh yah mas,

1. Mlipir alus, sesekali ke luar Jogja (naik kereta api) ahahahhaa

4. Gw juga sering liat orang-orang bawa sepeda lipat kalo naik kereta sekarang. Udah hal lumrah kayaknya.

1. Betul, KAI tanggap melihat perkembangan itu. Makanya makin menyenangkan kalau bawa sepeda

5. Kirain buat apa bawa sepeda 3 banyak amat . ternyata buat temannya juga.

Aku juga sering lupa soal gojek yg sama, misal ada gojek bilang "Mbak yang kemarin naik gojek sama saya kesini ya?" , "Maaf pak saya lupa" wkwkwk

1. Hahahhah, kalau gojek aku masih ingat. Malah bapak gojeknya yang lupa kakakkakakk

6. oh iki njuk sing cewek bandung ning jogja kae?

7. Seru juga kayaknya traveling bawa sepeda lipat gitu.
    Jadi di tempat tujuan bisa sepedaan.

1. Enak lagi yang ukuran bannya 16 inchi, biar lebih praktis bawanya

8. waaahhhhtemen yg 2 lagi malah cewe ya mas. kalian bener2 suka banget bersepeda yaaa, sampe bela2in bawa sepeda dgn rute jauh begitu. tp memang asyik gitu sih, itung2 hemat ongkos transport di tempat tujuan ya mas :)

1. Satunya itu malah srikandi Indonesia ahahhaha. Sukanya gowes jauh-jauh. Yang satu gowes nyari soto. Sementara saya sebagai tukang angkut sepeda.

9. Emg ya petugas kereta api tuh ramah2 bungeeeet.. Pelayanannya mantapp banget bawa sepeda 3 aja bisa

10. Eh lah aku baru tahu ini boleh bawa sepeda lipat. AKu pernah denger kalau bisa bawa motor juga apakah beneran? Terus taruh mana? Ada yang bilang sih kalau diprotolin dulu. Tp belum lihat faktanya, baru sepeda lipat ini.

1. Motor masuk kereta barang, jadi dipaketkan. Kalau sepeda bisa masuk kereta penumpang

11. KAI sekarang memang telah berbenah di banyak hal ya, Mas...
    Asyik ya, Mas, bawa sepeda lipat, naik kereta api, lalu sampai lokasi bisa bersepeda ria :)

12. Seru!

Travelling pake sepeda ke rute-rute yang ada jalur kereta apinya bisa jadi alternatif nih.

Duh, kok aku jadi pengen mewujudkan travelling pake sepeda begini yaaa.

13. pengen nyoba bawa sepeda ke KA tapi bingung takut ribet dan bermasalah .... untung ada pengalaman mas Sitam ... jadi bisa saya copy paste .. hahaha

1. Aku malah ketagihan lagi kang. Sayang belum punya sepeda lipat ahhhahah

14. KAI memang terus membaik dan sangat baik dalam pelayanannya. Kenyamanan dalam kereta juga sangat terasa sekarang. Apalagi semenjak gerbong ekonomi plus bergabung dengan Eksekutif, perjalanan menjadi terasa singkat dan nyaman.

1. Kayake aku bakal sepedaan di Cilacap, mas. Nunggu pinjaman sepeda hahahahaha

15. Wah, asiknyaaaa ternyata kita bisa membawa sepeda lipat di kereta ya :) Petugasnya ramah2 dan bagus amat pelayanannya. Boleh deh kapan2 aku mengikuti jejak mas bawa sepeda sip TFS ya.

1. Di beberapa kesempatan juga KAI mengadakan acara dengan merangkul pesepeda heheheh. Keren pokoknya

16. Sepertinya menarik untuk dicoba. Jadi bisa menjelajah tempat tujuan dengan bersepeda ya.

17. Nah, ini info yang kucari tahu. Udah tahu dari medsosnya KAI sih, tapi penasaran aja apa beneran boleh. Soalnya, biasalah, di tingkat bawah suka beda dengan kebijakan yang dikeluarkan di tingkat lebih atas. Salut bener sama KAI kalau begini caranya. Kemana-mana jadi bisa bawa sepeda.

1. KAI malah ada gerbong yang berlogo sepeda. Harapannya tentu transportasi ini dapat menyediakan gerbong khusus para pesepeda dengan baik. Semoga saja

18. Yuhuu mantep lur, bisa keretaan gitu, akhirnya ku juga mencoba hehe... mantap aman.