Freelancer juga Butuh Asuransi, Mengapa dan Apa Pentingnya? - Nasirullah Sitam

Freelancer juga Butuh Asuransi, Mengapa dan Apa Pentingnya?

Share This

Sebagai seorang karyawan atau pekerja tentu kita tidak asing dengan kata asuransi. Asuransi merupakan perjanjian antara kedua belah pihak dimana pihak pertama adalah seseorang yang membayar. Adapun pihak kedua seseorang yang harus bertanggungjawab dan berkewajiban memenuhi jaminan kepada pihak pertama. Sehingga, sangat penting seorang pegawai atau karyawan memiliki asuransi kesehatan tersebut. 

Hampir semua perusahaan memberikan asuransi ketenagakerjaan kepada para karyawan sebagai benefit yang memang ditawarkan. Namun, bagi para freelancer kebanyakan mengabaikan asuransi ketenagakerjaan tersebut. Padahal walaupun mereka bekerja sebagai pekerja lepas, mereka juga harus memiliki jaminan ketenagakerjaan.
Menyelesaikan tulisan blog di kedai kopi

Apa pentingnya asuransi bagi seorang freelancer?

Tidak sedikit dari orang menanyakan terkait asuransi, khususnya asuransi kesehatan. Apakah asuransi tersebut suatu keharusan untuk dimiliki, atau tidak. Bagi saya pribadi, asuransi kesehatan adalah hal yang harus kita miliki. Terkadang, masih banyak orang yang belum paham sepenuhnya tentang asuransi, bagaimana kita mendaftar, apa yang kita peroleh dari asuransi tersebut, serta bagaimana mekanismenya. Atau malah kebingungan dengan simpang-siur informasi yang kurang dapat dipercayai.

Jauh sebelum saya rekomendasikan salah satu tempat untuk mendapatkan informasi tentang asuransi. Sebaiknya, sedikit saya ulas mengapa asuransi itu penting bagi kita. Mungkin, sedikit ulasan ini membuat kalian yang membaca lebih paham.

Sebagai proteksi diri kesehatan freelancer

Sebagai seorang pekerja, pasti menguras banyak tenaga setiap harinya. Walaupun seorang freelancer, bukan berarti pekerjaan kita lebih sedikit dan santai. Seorang freelancer juga mempunyai tanggungjawab penuh terhadap pekerjaannya.

Tidak jarang para pekerja lepas ini bekerjanya lebih lama. Di satu kesempatan, mereka harus bekerja jauh dari waktu yang biasa dilakukan. Meski di satu momen mereka terlihat sedang luang. Setahu saya, mereka yang freelance sudah mempunyai target seberapa lama mereka harus bekerja dalam sehari.

Bekerja di rumah, kantor atau pun di tempat yang lainnya, ada saatnya kita pasti merasa lelah. Sehingga daya tahan tubuh bisa jadi sering menurun. Memang benar, penyakit bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. Namun alangkah baiknya kita mempersiapkan proteksi diri dari sekarang. Pepatah pun mengatakan agar kita selalu “sedia payung sebelum hujan”.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita akan mendapatkan jaminan jika sewaktu-waktu jatuh sakit. Terutama pada saat kita sedang mengalami krisis keuangan. Adanya asuransi, kita tidak perlu khawatir lagi biaya yang dibutuhkan untuk berobat. Semua akan ditanggung oleh pihak asuransi.
Jaminan ketenagakerjaan

Walaupun kita berprofesi sebagai freelancer, yang mungkin bekerjanya tidak sehari penuh, tetap saja dalam bekerja pasti banyak risiko kerja yang harus diambil, termasuk risiko terjadinya kecelakaan kerja. Tentu semua orang tidak menginginkan terjadinya kecelakaan kerja tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dengan melindungi diri.

Asuransi ketenagakerjaan bermanfaat saat kita sewaktu-waktu mengalami kecelakaan kerja. Pihak asuransi akan memberikan fasilitas perawatan dan pengobatan. Tidak hanya itu, kita juga akan mendapatkan jaminan kematian dan jaminan hari tua. Namun, sekalipun kita sudah mengikuti asuransi tersebut, jangan sampai membuat kita mengurangi kewaspadaan saat bekerja. Kita harus tetap waspada dan hati-hati saat bekerja.

Sebagai jaminan jika terjadi kecelakaan lalu lintas

Tidak jarang freelancer bekerja di suatu tempat yang mengharuskan berpindah-pindah tempat. Mobilitas yang tinggi, tentu kita akan menggunakan kendaraan baik pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju lokasi Anda bekerja. Termasuk jika pekerjaan yang ditekuni profesi sebagai driver online, kurir, dan sejenisnya. Asuransi Kecelakaan ini tentu sangat penting untuk kita, karena hampir setiap saat kita berada di jalan raya.

Asuransi kecelakaan ini wajib dimiliki oleh freelancer sebagai proteksi. Kecelakaan di jalan dapat terjadi tanpa diduga-duga, baik kecelakaan ringan maupun besar. Ketika terjadi kecelakaan, pasti akan menghabiskan banyak biaya perawatan. Jika kita memiliki asuransi jiwa, maka biaya-biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi kendaraan penting untuk freelancer dengan pekerjaan berpindah-pindah tempat

Bekerja di tempat yang tidak tetap membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di perjalanan. Secara tidak langsung, ada sedikit risiko yang bisa kita hadapi. Bisa jadi kendaraan kita terserempet oleh kendaraan, sehingga kendaraan tersebut lecet.

Jika hampir setiap saat kita harus mengendarai mobil untuk pergi ke tempat kerja, tentu kita wajib memiliki asuransi kendaraan untuk kecelakaan dan kerusakan. Seperti yang kita ketahui, biaya perawatan dan perbaikan kendaraan, khususnya seperti mobil itu sangat mahal. Dengan adanya asuransi, kita tidak akan mengeluarkan biaya banyak jika kendaraan yang kita miliki mengalami kerusakan dan harus diperbaiki.

Setelah kita tahu alasan penting freelancer untuk ikut program asuransi, apakah kita masih ragu untuk memiliki asuransi? Jangan berpikir panjang lagi. Sebaiknya segera mendaftarkan diri mengikuti program asuransi. 

Untuk semua itu, kita bisa melihat di Lifepal. Di sana terdapat banyak produk asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, asuransi kendaraan, hingga asuransi jiwa yang tersedia. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

7 komentar:

  1. Ia juga mas. Gk saja freelance tapi semuanya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, dakang masih banyak yang kurang paham dengan manfaat asuransi

      Hapus
  2. Asuransi penting banget, kita gak tahu apa yang terjadi besok. Jadi pengen tahu lebih lanjut tentang lifepal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikepoin bang Lifepal-nya heheheheh. Siapa tahu makin tahu tentang asuransi kesehatan

      Hapus
  3. memang orang Indonesia umumnya belum insurance minded .... kalau sudah kejadian aja baru butuh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ke depannya mereka lebih paham, dan informasi terkait asuransi jauh lebih mudah diakses

      Hapus
  4. Ini yang sering kelupaan sama kita yang freelance
    dulu waktu masih kerja kantoran, semua sih diurus kantor termasuk asuransi. nah setelah kerja freelance jadi bingung deh karena udah gak ada cantolan lagi.

    BalasHapus

Pages