Bersepeda ke Pantai Teluk Awur, Jepara

Perjalanan dari dua pantai (Pantai Bandengan dan Pantai Pungkruk) aku lanjutkan ke pantai lainnya. Kali ini tujuanku adalah pantai Teluk Awur, sebuah kawasan pantai yang tidak kalah bagusnya dengan kedua pantai yang aku kunjungi sebelumnya. Aku kembali menuju arah kota, sebelum kearah pantai Teluk Awur. Sesampai dekat stadion Gelora Bumi Kartini, aku sempatkan untuk memompa ban sepeda yang aku kendarai.
Gapura Selamat Datang di Pantai Teluk Awur
Salah satu menara di Pantai Teluk Awur
Gapura "Selamat Datang" di Pantai Teluk Awur, Jepara
Pantai Teluk Awur adalah pantai yang terletak di Desa Telukawur, Tahunan 4 km dari pusat kota Jepara. Pantai ini ditandai oleh banyaknya pohon mangrove yang berfungsi sebagai peneduh selain sebagai penahan abrasi (sumber). Sepanjang pantai ini sudah lumayan ada beberapa resort yang telah dibangun. Oya memasuki kawasan pantai ini kita tidak dikenakan retribusi, jadi cukup tenang kan? Heeee

Ada beberapa spot pantai yang bisa kita kunjungi dipantai Teluk Awur ini, salah satunya adalah didekat lapangan sepakbola Teluk Awur. Selain itu juga kita bisa melewati kompleks UNDIP yang ada disana. Atau ketempat lainnya yang lumayan ramai. Yakni dikawasan yang ada beberapa warung disampingnya. Lumayan bukan, bisa menikmati pantai dengan bersantai diwarung-warung tepian pantai.
Pantai disepanjang Teluk Awur
Pantai disepanjang Teluk Awur
Pantai disepanjang Teluk Awur
Pantai disepanjang Teluk Awur, Jepara
Pantai ini memang terbuka untuk masyarakat umum, ketika aku menyusuri sepanjang pantai ini, beberapa kali aku sempat berpapasan dengan rombongan anak kecil yang bersepeda dan pulang dari pantai. Mereka adalah anak-anak warga Teluk Awur yang menyempatkan akhir pekan dengan bermain air. Buat tambahan saja, setiap akhir pekan (Jum’at, Sabtu, dan Minggu sore) pantai ini cukup ramai dikunjungi pada muda-mudi untuk bersantai. Pokoknya seperti dipantai Kartini dan Bandengan deh ramainya.
Mengabadikan gambar dulu dipantai Teluk Awur, Jepara
Sepeda terparkir ditepian pantai Teluk Awur
Mengabadikan gambar dulu dipantai Teluk Awur, Jepara
Mengabadikan gambar dulu dipantai Teluk Awur, Jepara
Pantai ini sebenarnya mempunyai potensi yang cukup baik untuk menarik wisatawan luar Jepara jika dikelola dengan baik. Selain tempatnya tidak jauh dari kawasan Kota Jepara, pantai ini juga sangat mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Saat aku disini, ada beberapa orang yang meluangkan waktu untuk bersantai seraya melihat lepas pantai. Memang waktu aku berkunjung kesini tidaklah waktu yang tepat, karena ombak dan angin cukup kencang sehingga pemandangan air yang jernih tidaklah aku dapatkan.

Akan tetapi, walau pantai ini belum dikelola dengan baik, tetap saja pantai Teluk Awur dapat menarik minat warga setempat untuk menikmati akhir pekan berkunjung ke pantai ini. Pantai ini salah satu tempat alternatif bagi kalian yang senang hunting sunset. Jadi kalian bisa mengatur jadwal, kapan untuk menikmati suasana senja dipantai Teluk Awur. Aku berharap, pantai ini bisa dikelola dengan baik dan menjadi salah satu destinasi wisata bagi Jepara. Bisa bersaing dengan pantai Kartini, Pantai Bandengan, ataupun Kepulauan Karimunjawa
Baca juga postingan lainnya
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment