Kebiasaan Anak Kos [kalau lagi suntuk]

Pernah jadi anak kos enggak? Kayaknya aku yakin banget deh yang baca tulisan ini rata-rata pernah ngekos. Jadi paham suka-dukanya menjadi anak kos. Ibarat sebuah iklan yang dulu sempat tenar itu kalimat yang tepat bagi anak kos adalah “Jadi anak kost itu menyenangkan, tapi susah menjalaninya”. Dyaarrr benar-benar susah kalau lagi tanggal tua trus jatah bulanan belum datang. Paham kan kayak mana rasanya J
Suntuk di kos terus
Suntuk aja kerjaannya :-) (sumber)
Dari sekian pengalaman menjadi anak kos, diantara banyak kesenangan sebagai anak kos; tentunya ada saatnya kalian lagi suntuk. Suntuk sama banyak kerjaan (bikin makalah; kayak dikampusku dulu J), suntuk sama hubungan (bagi yang punya pacar/yang lagi pusing target lepas), suntuk ditanyain “kapan lulus” (bagi yang betah dikampus), atau suntuk sama ibu kos (pagi-pagi diketuk pintu minta jatah bulanan). Duh banyak juga yang bikin suntuk kalau jadi anak kos, sepertinya derita tiada akhir (kutipan dari kakak kedua; Pat kai).

Sebenarnya kalau lagi suntuk itu ada beberapa hal yang biasa anak kos lakukan. Ini bukan survey yang aku lakukan sih, hanya saja ini sebagian dari pengalaman yang aku alami sebagai anak kos. Terlalu lama jadi anak kos, jadi kadang ngerasa suntuk itu sudah menjadi teman baik. Tanpa komando tiba-tiba dia datang dan meninggalkan jejak rasa bosan. Jadi ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat ngerasa suntuk;

Ngegame
Hal pertama yang anak kos lakukan kalau lagi suntuk adalah ngegame. Diantara banyak anak kos (yang cowok) pasti sebagian besar PC atau laptopnya udah berderet-deret itu game yang diinstal. Salah satu game favorit anak kos itu ya PES, CS, GTA, terus apalagi ya? Ada yang mau nambahi? Selain itu juga game-game online, kalau anak kos cewek sih biasanya gamenya yang ringan-ringan J.

Nongkrong
Nongkrong sama teman-teman kos adalah pilihan yang baik kalau lagi suntuk, selain bisa curhat-curhatan masalah gebetan, masalah ibu kos yang galak, atau masalah skripsi yang masih abu-abu, atau lagi nongkrong biar dapat Wifi gratis. Lumayan kan bisa ngecek sosmed sambil minum kopi.

Jalan-jalan
Ini juga salah satu cara biar enggak suntuk loh. Coba aja kalau lagi suntuk kalian main ke pantai, camping, atau sekedar ingin menikmati alam. Wajib dicoba ini bagi kalian yang suntuk dengan ruangan kotak 3x4 meter (kamar kos). Dijamin saat jalan-jalan suntukmu hilang, tapi pas balik kos suntukmu kumat lagi J.

Tidur
Tidur adalah cara terakhir untuk menghapus rasa suntuk. Kalau lagi akhir bulan enggak ada uang untuk nongkrong atau jalan-jalan, trus enggak ada PC/Laptop untuk ngegame (disekolahin ke penggadaian), mungkin hanya tidur dikos lah yang paling benar. Walau suntuknya hilang sementara saat tidur, setidaknya otak ini enggak kepikiran rasa suntuk beberapa menit J.

Membaca Alquran
Ada tambahan dari teman blogger mas Angki kalau ditambahkan lagi membaca Alquran. Benar juga kata beliau, padahal minimal seminggu sekali waktu malam Jum'at baca Alquran. Ini mungkin bisa jadi kegiatan anak kos yang muslim, bagi yang non bisa baca Alkitab atau lainnya sesuai dengan agamanya J

Ada yang mau nambahi kegiatan apa yang kalian lakukan kalau lagi suntuk? Siapa tahu kalian yang sering suntuk lebih paham daripada aku J J J. Semoga kesuntukan ini hanya sementara adanya J J.
Baca juga postingan yang lainnya
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar :

  1. waahh sayangnya saya belum pernah jadi anak kost mas jadi sedih hehe ^-^ tapi kalo anak kontarkan mah sering hehe ^-^ mantap mas Tipsnya kapan y jadi anak kost saya nie hee... tambah lagi mas Baca Quran/Ngaji biar adem nyeess hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas, saya akan tambahi sesuai saran mas. Iya je padahal minimal toap malam jum'at baca alqur'an :-D

      Delete
  2. suntuknya anak kost itu biasanya kalo lagi nggak ada duit, bagai kiamat kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau uang banyak layaknya raja dalam 3 hari :-D

      Delete
  3. karaokean pake apps di handphone, mainan alat musik, nonton film di laptop, curcol sama teman kost sebelah

    ReplyDelete
  4. Kalau aku membaca al-Qur'an mas...
    (Pencitraan :3 )

    ReplyDelete