Review Qwords Roadshow di Yogyakarta 2014

Kali ini aku ingin menulis pengalaman pertama ikut acara Roadshow-nya Qwords. Mungkin sebagian bertanya-tanya, Qwords itu apa sih? Hemmm biar lebih jelas klik aja tulisan Qwords ini. Aku yakin kalian langsung paham. Event kali ini bertemakan “Ngobrol Seru Bareng Pakar Web Design & Kepenulisan” hari Kamis, 12 Juni 2014 (pukul 19.30 – 22.00 wib) di Valley Bambu, Wisata Kuliner Pringwulung. Disini aku bisa berkumpul dengan teman-teman dari Komunitas Blogger Jogja, TDAKampus Jogja, Kaskus Jogja, serta orang-orang yang tidak bisa disebutkan namanya. Pesertanya sangat banyak, kalau hanya 50 orang kayaknya lebih.

Pendaftarannya cukup simpel, kita hanya mendaftarkan diri melalui website kemudian kita print, dan cukup dibawa saat event ini dilaksanakan. Cukup mudah bukan? Event Roadshow ini aku tahu pertama kali karena info dari teman-teman KBJ di Facebook, dan kemudian aku tertarik untuk mengikutinya. Sampai dilokasi aku bertemu dengan teman-teman seperjuangan dulu saat ada event Blogger Nusantara 2013. Karena sebagian besar dari mereka adalah sosok-sosok yang terlibat dievent tersebut.
Bukti tiket yang sudah aku print
Bukti tiket yang sudah aku print
Kembali ke topik, tema pertama tentang kepenulisan. Pematerinya Mbak Darmini; penulis novel disalah satu penerbit di Jogja dengan judul “Stand By Me”. Disana beliau memaparkan bagaimana membuat kalimat itu menjadi “seksi” tidak mendayu-dayu layaknya ombak. Mudah dicerna dan tidak berulang-ulang (pengulangan kata). Selain itu yang pasti adalah bagaimana membuat semangat menulis kita ini tetap terjaga. Jadi malu aku, padahal file naskah calon novelku terbengkalai selama 8 bulan. Baiklah, aku kembali semangat melanjutkan naskahku yang kemarin terbengkalai.

“Cerita yang baik adalah cerita yang selesai, sedangkan cerita yang tidak baik adalah cerita yang tidak selesai ditulis – Darmini”
Mbak Darmini memberikan materi kepenulisan
Mbak Darmini memberikan materi kepenulisan (dok: twitter @Blogger_Jomblo)
Sedangkan topik yang kedua ini cukup membuat teman-teman peserta menjadi “melek” saat sedang mengantuk. Ini karena pematerinya mas Seta dari Divren Web, beliau memaparkan banyak hal yang membuat para sebagian besar peserta agak tersedak saat menyindir halus (pakai candaan) tentang “SEO”. Berhubung aku orang baru dalam dunia blogger, jadi aman. Aku enggak merasa tersindir.
Pemaparan mas Seta tentang Web Design
Pemaparan mas Seta tentang Web Design (dok: twitter @fathurreza26)
Cukup menyenangkan materi yang dipaparkan, bagaimana beliau menekankan kalau kita jangan hanya terpaku pada SEO saja. Beliau mengatakan “SEO adalah satu cabang kecil dari Internet Marketing”. Kemudian beliau menyarankan untuk mempelajari Inbound Marketing. Pemaparan beliau sangat menyenangkan, karena setelah itu muncul diskusi menarik para pelaku SEO dengan pemateri.

“Salah satu cara untuk melakukan Internet Marketing selain SEO adalah dengan menggunakan AdWords – Seta (Divren Web)“ .

Dari Roadshow Qwords malam ini, aku bisa mendapatkan ilmu baru yang tidak pernah aku temukan selama kuliah. Mungkin karena jurusanku dan kampusku bukan Amikom seperti kebanyakan mereka. Aku mendapatkan ilmu tentang kiat menulis, menjadi semakin tahu tentang dunia web (walau masih sedikit), sedikit paham lagi apa itu SEO, AdWords, tampilan website yang simpel, dan semua yang berkaitan dengan dunia web.
Antusias peserta Roadshow Qwords di Yogyakarta
Antusias peserta Roadshow Qwords di Yogyakarta (dok: twitter @l0g1st1c14n)
Oya, selamat untuk yang mendapatkan doorprize berupa Tab (bang Toyib), yang mendapatkan Smartphone (cewek, enggak tahu namanya), yang dapat Flashdisk (mas Wawan), dan yang paling narsis itu siapa namanya selamam ya? J Semalam kalian sangat beruntung, karena tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi pulang-pulang dapat bingkisan lebih banyak daripada kami J. Salut untuk panitia, enggak kepikiran games-nya kayak gitu; buka web Qwords tercepat, Kotak Masuk( sms) terlama, dan Pulsa paling sedikit. Sangat unik dan cukup kaget sama pemenang SMS terlama, tahun 2000 masih disimpan di hpnya J. Duh itu pesan kayaknya sangat-sangat penting deh.

Tidak lupa terima kasih untuk Qwords, semoga tidak bosan mengadakan event di Jogja. Semoga semakin sukses serta terus-terusan mengadakan event seperti ini disetiap kota di Indonesia. Terima kasih sudah mentraktir makan malam kami, oya hampir kelupaan “#Happy9AnnivQwords” Sukses untuk kalian dan kita semua.
Baca juga postingan yang lainnya 

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. Wah, komplit laporannya Rul. Keren.

    Heiii, itu akuu, heiii ( komentar pas liat foto terakhir )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee,,, latihan nulis :-) Semangat untuk kita semua :-D

      Delete
  2. terima kasih telah menuliskan tentang Qwords :)

    ReplyDelete