Menyambut Pesepeda Greeners Magazine [Journalism on Bike] di Jogja

Kamis malam tanggal 29 Agustus 2014 ada pemandangan yang cukup unik di Eiger Jalan Simanjuntak. Terparkir rapi belasan sepeda berbagai jenis dan merk, komunitas tersebut dengan antusias menyambut sembilan pesepeda dari Greeners Magazine yang singgah selama dua hari di Jogja sebelum lanjut perjalanan menuju tempat istirahat selanjutnya di Ngawi, Jawa Timur.
Sepeda terparkir rapi diparkiran Eiger Simanjuntak Jogja
Sepeda terparkir rapi diparkiran Eiger Simanjuntak Jogja
Sedangkan untuk pesepedanya, mereka 9 orang. Hanya ada satu perempuan (kalau nggak salah dengar namanya Mbak Erna). Sedangkan yang lainnya adalah sosok-sosok yang memang berkecimpungan didunia, sayang aku lupa nama-namanya. Yang aku ingat karena ngintip di twitter adalah I Kadek, dan yang sempat ngobrol sama aku saat diangkringan Mangkubumi yakni mas Agus Septian. Sedangkan yang termuda umurnya 19 tahun, weh lupa namanya, tapi aku ingat kalau dia Alumni MAN 2 Bandung. Dia juga kuliah di UIN Bandung, ups dunia memang sempit, karena dia juga adek kelasnya temanku si Haris yang kuliah di Bandung dan alumni MAN 2 Bandung juga. Masih dengan angka 9, kemana harus 9 orang yang bersepeda? Hemmm, ternyata usut punya usut angka 9 ini dikarenakan ulang tahun yang ke 9. Wah ternyata punya makna juga ya. heee
9 pesepeda Jakarta - Bali
9 pesepeda  Greeners Jakarta - Bali (dok: Twitter @Greeners_ID)
Greeners Magazine sengaja bersepeda dengan rute Jakarta – Bali dalam rangka merayakan Greeners 9th Anniversary, kemudian mereka mengisi dengan kegiatan bersepeda dengan rute Jakarta – Bali. Sepengetahuanku semalam melalui cerita singkat dari salah satu pesepeda dari Greeners, mereka mengambil tema Journalism on Bike ini karena selain dilakukan dengan bersepeda, mereka juga akan menulis dan memposting cerita-cerita yang mereka dapatkan dari setiap tempat mengenai lingkungan hidup. Misalnya mengenai  cuaca, kondisi alam, satwa, masalah pertanian, dll). Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dari bagian promosi website mereka yang terbaru Greeners.
Menjelang acara kumpul-kumpul di Eiger
Menjelang acara kumpul-kumpul di Eiger
Menjelang acara kumpul-kumpul di Eiger
Sekilas saja mengenai Greeners yang aku dapatkan dari informasi teman-teman pelaku, Greeners Magazine ini awalnya terbit dengan bentuk tercetak tahun 2005, kemudian berubah menjadi non cetak pada tahun 2011. Untuk penerbitannya berkala tapi tidak tentu, hanya pada saat-saat tertentu saja. Misalnya pada saat peringatan Hari Bumi, ataupun hari-hari besar lainnya. Jadi cukup beruntung aku dapat koleksi tercetaknya J
Majalah tercetaknya
Majalah tercetaknya
Kegiatan semalam hanya santai saja, perkenalan dengan beberapa komunitas di Jogja seperti UGM Bersepeda, Bike to Work Jogja, Federal Jogja, dll. Ada juga dari selain komunitas pesepeda. Dari KOPHI Jogja, KAMAPALA INTAN, dan lainnya. Mereka adalah komunitas-komunitas dari bagian Lingkungan Hidup/Alam. Dengan berbagai komunitas yang berbeda-beda, malah rasanya makin seru saja. Apalagi waktu pembagian doorprize, Alhamdulillah dapat kaos juga akhirnya aku haaaa.
saat kumpul dan sharing di Eiger Jogja
Saat kumpul dan sharing di Eiger Simanjuntak Jogja (dok: Twitter @Greeners_ID)
saat kumpul dan sharing di Eiger Jogja
Saat kumpul dan sharing di Eiger Jogja (dok Twitter @Gusmanik)
Dapat kaos heee
Dapat kaos heee
Selesai semua acara, ditutup dengan sesi dokumentasi bersama. Uhuk padahal niatnya pengen narsis bareng. Kemudian kami berpencar untuk pulang. Namun memang walau kami baru berkumpul tapi sudah ada kemistri antara satu dengan lainnya. Secara tidak sengaja kami bertemu lagi diangkringan Mangkubumi. Wah ngumpul lagi dong heeee.

Foto bersama dulu sebelum bubar
Foto bersama dulu sebelum bubar (dok: Twitter @Greeners_ID)
Bertemu lagi diangkringan Mangkubumi
Bertemu lagi diangkringan Mangkubumi
Semakin larut malam, akhirnya kami membubarkan diri. Aku dan rombonganku pulang, rombongan Federal Jogja masih santai ditepian jalan, untuk teman-teman dari Greeners asyik menikmati sajian khas angkringan dan dilanjut ke KM Nol serta Alun-alun Kidul (ngintip di twitter). Oke semoga sukses dan lancar bagi teman-teman yang ke Bali. Semangat untuk kita semua, dan jangan bosan-bosan main ke Jogja lagi nantinya J
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment