Pantai-pantai yang Wajib Dikunjungi Selama di Karimunjawa Bagian Kedua

Menyambung tulisan dua minggu lalu yang mengenai pantai-pantai yang wajib dikunjungi selama di Karimunjawa tanpa menyeberang pulau lagi, kali ini aku akan rangkum pantai-pantai lainnya yang belum terdaftar di sana. Pantai-pantai ini ada di desa Kemujan, sebuah desa yang berdampingan dengan desa Karimunjawa dan hanya dipisahkan oleh Hutan Mangrove. Lambat laun, desa Kemujan tidak mau kalah dengan Karimunjawa untuk bersolek menawarkan pantai-pantai indah. Pantai-pantai yang aku tulis ini adalah beberapa pantai memang sudah dikenal ataupun pantai yang tidak begitu dikenal. Berikut pantai-pantai yang ada di Kemujan dan bisa kalian kunjungi selama satu hari.

Pantai Barakuda
Pantai pertama yang aku tulis adalah Pantai Barakuda. Salah satu pantai yang berada di desa Kemujan ini cukup menarik dikunjungi. Lokasinya memang agak masuk ke dalam, jalan tidak aspal, namun cukup mudah diakses. Di pantai Barakuda, kita bisa bersantai seraya melihat beberapa pulau seperti pulau Kecil dan pulau Tengah. Pantai ini berada di depan sebuah penginapan, dan dengar-dengar; dekat pantai ini ada banyak lagi pantai yang sedang berkembang. Di pantai ini menghadap ke timur, jadi kita akan bisa melihat sunrise jika ke sini pagi hari. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Barakuda Kemujan
Pantai Barakuda Kemujan
Pantai Barakuda Kemujan
Pantai Pohon Cemara
Pantai Pohon Cemara ini berjarak mungkin 1km dari Pantai Barakuda jika kita susuri dari tepian pantai. Jika kita melalui jalan besar, pantai ini terletak di dusun Jelamun. Nama Pantai Pohon Cemara ini diambil dari banyaknya pohon Cemara yang tumbuh di sini. Pantai ini sebenarnya bukan tujuan wisata, tapi kadang kala para wisatawan sengaja mencari pantai-pantai yang tidak dikenal untuk dijadikan tempat bersantai. Di sini kita juga bisa menyaksikan sunrise jika ke sini pagi hari. Baca selengkapnya disini…
Pantai Pohon Cemara, Kemujan
Pantai Pohon Cemara, Kemujan
Pantai Batu Putih
Pantai Batu Putih memang sering aku ulas ketika sedang sunrise ataupun pada saat seperti biasa. Pantai ini sangat dikenal bagi warga setempat, berlokasi di Jelamun (belakang MTS) dan akses jalannya pun walau setapak namun cukup bagus. Di pantai ini kita dapat menikmati hamparan pasir putih luas, bebatuan besar, dan juga teduhnya pepohonan Ketapang. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Batu Putih Kemujan
Pantai Batu Putih Kemujan
Pantai Batu Putih Kemujan
Pantai Hadirin
Pantai Hadirin juga masih berada di dusun Jelamun, pantai ini dapat kita kunjungi dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Di pantai Hadirin, kita dapat bersantai di pelabuhan seraya melihat para nelayan sedang beraktifitas. Atau kita bisa menghabiskan waktu dengan memancing. Aku sempat menulis beberapa kegiatan di pantai ini. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Hadirin Kemujan
Pantai Hadirin Kemujan
Pantai Hadirin Kemujan
Pantai Ujung Tong/Pantai Lomban
Pantai Ujung Tong mungkin cukup asing di telinga kalian. Ya, pantai ini berada di ujung dusun Jelamun. Pantai ini lebih dikenal warga setempat dengan sebutan pantai lomban. Seperti pantai Barakuda, di sini setiap H+7 Lebaran, pantai ini digunakan untuk berkumpul dan melakukan acara lombanan di pantai (semacam sedekah laut). Pantai ini tidak luas, tapi cukup bagus untuk bersantai. Oya, pantai Ujung Tong memang tidak termasuk pantai tujuan wisata, tapi apa salahnya jika kita sengaja mengeksplore pantai-pantai di Karimunjawa, khususnya di Kemujan. Baca selengkapnya di sini…
Santai di pantai Ujung Tong Kemujan
Santai di pantai Ujung Tong Kemujan
Santai di pantai Ujung Tong Kemujan
Dermaga Cinta
Berbeda dengan pantai lainnya, Dermaga Cinta ini berada di Jelamun juga. Tepatnya malah di belakang Bandara Dewadaru. Untuk berkunjung ke sini, aku rekomendasikan pada saat senja. Karena jika senja, kita dapat melihat keindahan sunset berpadu dengan tenangnya air laut serta rimbunnya tanaman Bakau. Baca selengkapnya di sini…
Sunset di Dermaga Cinta Kemujan
Sunset di Dermaga Cinta Kemujan
Pantai Timo’
Berpindah ke dusun Batulawang, masih di desa kemujan yang terkenal dengan nama Kampung Bugis, ada beberapa pantai di sini. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi adalah Pantai Timo’. Di sini kita bisa menikmati suasana pantai pada saat pagi/siang hari. Karena pantai ini seperti pantai-pantai sebelumnya yang menawarkan pemandangan indah menghadap ke timur. Di sini juga ada penginapan yang dapat kita gunakan untuk menginap jika ingin menikmati suasana pantai. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Timo' Kemujan
Pantai Timo' Kemujan
Pantai Ujung Batulawang
Pantai Ujung Batulawang ini salah satu pantai yang masuknya berbayar. Kita akan trekking untuk sampai di pantainya. Di pantai Ujung Batulawang kita dapat merasakan deburan ombak yang cukup besar, bongkahan batu pantai yang besar, serta suasana yang cukup sunyi. Pantai Ujung Batulawang ini mempunyai banyak spot bagus yang dapat kita abadikan selama di sini, termasuk yang melegenda adalah cerita secara turun-temurun mengenai Batu Pengantin. Baca selengkapnya di sini…
Ujung Batulawang
Ujung Batulawang
Pantai Barek/Pantai Pantura
Berdekatan dengan pantai Ujung Batulawang, pantai Pantura/Barek ini menawarkan pemandangan yang cukup bagus ketika sunset. Pantai ini dipenuhi hamparan Ilalang, dan juga pasir pantai yang putih. Di sini juga kita dapat melihat aktifitas nelayan setempat. Jika sore hari, kita bisa mendapati para nelayan yang pulang dari melaut. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Pantura
Pantai Pantura
Pantai Telaga
Bergeser ke dusun lainnya, Dusun Telaga mempunyai banyak pantai. Pantai ini dapat kita susuri dengan jalan cor yang cukup bagus. Sepanjang jalan, kita dapat berhenti dan mengabadikan di beberapa sudut pantai. Semoga pantai di Telaga ini bisa dikelola dan menjadi destinasi yang banyak dikunjungi para wisatawan. Baca selengkapnya di sini…
Sepanjang pesisir pantai telaga
Sepanjang pesisir pantai telaga
Pantai Pelabuhan Mrican
Pantai yang terakhir aku luas adalah pantai Pelabuhan Mrican. Pantai ini menawarkan keindahan pantai yang cukup bagus jika saat sunset. Mentari terbenam di antara ujung laut dan di samping Pulau Mrico. Pantai ini terletak di Dusun Mrican, salah satu dusun paling jauh dari arah Karimunjawa. aku pernah beberapa kali ke pantai ini ketika sunset maupun saat siang. Baca selengkapnya di sini…
Pelabuhan Mrican
Pelabuhan Mrican
Berikut pantai-pantai yang dapat kalian kunjungi selama seharian di Karimunjawa, khususnya di Kemujan. Dari daftar pantai di atas, setahuku baru Pantai Ujung Batulawang saja yang dikenai tarif masuk. Selebihnya kita dapat berkunjung dengan bebas, namun tetap bertegur sapa dengan penduduk setempat. Bagaimana, berminat untuk menyusuri setiap pantai di sini? *Dokumentasi pantai ini penulis abadikan ketika menyusuri pantai-pantai tersebut dengan bersepeda ataupun dengan berkendaraan mesin secara bertahap pada bulan Apri & Juli 2015.
Baca juga tulisan pantai lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

26 komentar :

  1. Bagian kesatu aja belum terlaksana, apalagi kedua nieh. Kayaknya Pantai Pelabuhan Cinta dan Pelabuhan Mrican menarik untuk dikunjungin nieh mas,,,, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, masih banyak lagi sudut lain pantai Karimunjawa loh, mas :-D

      Delete
  2. itu pantai pantaiya g dibuka buat tempat rekreasi y mas? kok potonya kebanyakan sendiri gitu
    kasian y sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau nikmatin pantai tapi ruame banget ya nggak bisa bersantai, mas :-D

      Delete
  3. Foto sunsetnya bagus sekali. Excellent

    ReplyDelete
  4. Keren.. banyek bener pantai di Karimun Jawa yang indah-indah. Salah satu destinasi yang paling keren di Jawa Tengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, semoga keindahannya tetap terjaga :-)

      Delete
  5. ke Dermaga cinta ah... banyak cinta yang berlabuh gak ya :D
    top top, master pantai Karimun Jawa!

    ReplyDelete
  6. saya berjanji, tahun ini harus menginjakkan kaki di Karimunjawa, amiin, hehe (idiotraveler.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn, semoga tahun ini terealisasikan :-D

      Delete
  7. Replies
    1. Terima kasih, gan. Semoga bisa berkunjung ke Karimunjawa :-D

      Delete
  8. semenjak aku kenal dirimu dna blog mu mas... aku gak pengen lagi eh ke karimun jawa,.... abis semua udah kamu lalap abiss mas... aku nunggu bukunya terbit and tayang di gramedia aja deh ehhee.... mantap dah empunya karimun jawa ini... oia bukannya gak pengen mas ke situ... cuman jadi pengeeeennn bangeeeettt hehe masih nunggu sponshor yang bersedia bawaku ke situ gratisan mas hahaha.... thanks mas jadi nambah pinter mslh karimun jawa... smga angkisland bakal sgra ditemukan deh dari gugusan pulau karimun hehe aseekk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn heeeee, semoga ada yang nyulik ke sana mas. Jadi bisa menulis Karimunjawa di angkisland :-)

      Delete
  9. WADUH WADUH... INDAH BINGIT...

    Kapan yah saya bisa kesini?
    pengeeennnnn....

    ReplyDelete
  10. WADUH WADUH... INDAH BINGIT...

    Kapan yah saya bisa kesini?
    pengeeennnnn....

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Besok ya kalau sudah aku dokumentasikan hehehehhe. Mau ngambil di google tapi kayaknya kurang sip :-D

      Delete
    2. Mas plg suka pake express bahari ?minta cp terpercaya nya mas mehehe

      Delete
    3. Waduh saya kalau pulang beli tiketnya via biro, mas. Nggak ada waktu kalo beli sendiri; nggak punya chanel juga di sana :-(

      Delete
    4. Ohhh nama biro nya apa mas ?biar saya ubek ubek mas haha

      Delete
    5. Wah kalau untuk tiket wisatawan susah, mas. Ini khusus tiket yang belakang, jadi pesannya pake KTP Karimunjawa. Jadi saya minta tolong agen untuk membelikan yang khusus pake tiket KTP Karimunjawa.

      Delete