Pantai-pantai yang Wajib Dikunjungi Selama di Karimunjawa (Bagian Pertama)

Tidak ada bosannya aku ingin terus mengulas Karimunjawa. sudah pernah ke Karimunjawa kan? Atau belum pernah? Ada banyak hal yang dapat kita lakukan selama di Karimunjawa ketika berlibur. jika kalian ikut paketan, maka jadwal dan destinasi pun sudah ditentukan. Kalau kita tidak ikut paket, jangan khawatir; di sini aku tuliskan pantai-pantai yang bisa kalian kunjungi selama di Karimunjawa tanpa harus naik kapal lagi. Nantinya ada dua tulisan membahas pantai-pantai tersebut, kali ini aku akan mendata beberapa pantai yang ada di Desa Karimunjawa saja. Cukup dengan menyewa kendaraan, kalian dapat mengunjungi pantai-pantai di bawah ini;

Pantai Legon Lele
Jika bicara pantai di Karimunjawa, mungkin belum banyak yang mengenal pantai Legon Lele. Pantai yang tidak jauh dari Pelabuhan Karimunjawa ini sangat menarik untuk dikunjungi. Dari arah Pelabuhan Karimunjawa, untuk mencapai lokasi pantai ini menyusuri Kapuran. Nanti kita akan dimanjakan pemandangan yang menarik selama menuju pantai tersebut. Selain itu, jalana yang berupa paving menjadikan sensasi tersendiri. Pantai ini aku rekomendasikan dikunjungi saat pagi hari, karena dari sini kalian bisa melihat sunrise dengan sangat bagus tanpa ada halangan sedikitpun. Selain itu, di Pantai Legon Lele juga terdapat dermaga kecil dan tmbuhan Mangrove yang menyedapkan mata saat dipandangi. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Legon Lele Karimunjawa
Pantai Legon Lele Karimunjawa
Pantai Legon Lele Karimunjawa
Pantai Legon Waru
Bergeser ke tempat yang tidak jauh dari Pantai Legon Lele, sebuah pantai yang berpasir putih dan tidak panjang ini pun menarik perhatian bagi yang melewatinya. Pantai ini akan kita lewati kalau kita berkunjung ke Pantai Legon Lele, nama pantainya adalah Pantai Legon Waru. Waktu aku ke sini, di salahs atu dahan pohon yang ada di bibir pantai terdapat sebuah ayunan kecil. Dari pantai ini, kita dapat menikmati kesunyian pantai. seperti pantai Legon Lele, pantai ini juga aku rekomendasikan dikunjungi saat pagi hari. Walau tidak terlalu panjang, pantai ini di setiap ujungnya terdapat bongkahan bebatuan yang menarik perhatian. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Legon Waru Karimunjawa
Pantai Legon Waru Karimunjawa
Pantai Pancuran/Pancuran Mburi
Pantai Pancuran, atau sering disebut oleh warga setempat dengan nama “Pancuran Mburi” ini berdekatan dengan pantai Legon Waru. Untuk pemandangannya memang tidak jauh berbeda dengan kedua pantai yang aku ulas di atas. Hanya saja, di sini kita akan menemukan beberapa sampan dan kapal yang tertambat. Kalau pagi atau sore, kita bisa bercengkerama dengan warga setempat yang pulang melaut. Syukur-syukur bisa membeli ikan langsung dari nelayannya. Pantai Pancuran ini memiliki mata air tawar yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Oya, aku waktu masih SMP pernah ke sini hanya untuk mandi saja. Di ujung bibir pantai, terdapat pohon Ketapang yang rindang serta hamparan bebatuan yang asyik untuk diabadikan. Baca selengkapnya di sini…

Pantai Pancuran Karimunjawa
Pantai Pancuran Karimunjawa
Pantai Pancuran Karimunjawa

Pantai Ujung Gelam
Sedikit meninggalkan keramaian Karimunjawa, masih di Desa Karimunjawa; tepatnya di Dusun Alang-alang, di sini ada dua pantai yang wajib dikunjungi para wisatawan. Lokasinya kurang lebih sekitar 5km dari pusat Karimunjawa. Pantai pertama adalah Pantai Ujung Gelam; ya pasti kalian yang pernah ke Karimunjawa tidak asing dengan pantai ini kan? Hamparan pasir putih dan halus yang menghadap ke arah barat ini menjadi magnet tersendiri. Jangan salah, pantai ini dijadikan salah satu spot yang paling bagus untuk berburu Sunset. Aku pernah membahas pantai ini dengan dua edisi, edisi sunset & edisi bersepeda. Untuk memasuki pantai ini, pengunjung yang lewat jalan darat dikenai biaya 1k. Sangat murah kan? Baca selengkapnya di sini…
Pantai Ujung Gelam Karimunjawa
Pantai Ujung Gelam Karimunjawa
Pantai Ujung Gelam Karimunjawa
Pantai Batu Topeng
Bergeser sedikit ke sudut pantai di sampingnya, sebuah pantai yang nyaris sama keindahannya pun tersaji di sini. Pantai Batu Topeng namanya, pantai yang menjadi salah satu tempat favorit para bule untuk bersantai menikmati teriknya mentari, halusnya pasir, dan juga indahnya sunset. Pantai Batu Topeng juga tidak kalah teduh, banyak berjejeran pohon Ketapang berkombinasi dengan pohon Kelapa yang menjulang tinggi. Bayar tiketnya pu satu karcis dengan pantai Ujung Gelam. Benar-benar indah dan aku rekomendasikan untuk berkunjung ke pantai ini. Oya, di salah satu bebatuan di pantai ini yang menjorok ke laut, terdapat sebuah gubuk kecil yang bisa kita gunakan untuk sekedar bersantai ataupun berfoto. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Batu Topeng Karimunjawa
Pantai Batu Topeng Karimunjawa
Pantai Batu Topeng Karimunjawa
Pantai Nyamplungan
Jika sebagian besar pantai di atas yang aku ulas memang sering dikunjungi wisatawan, kali ini ada pantai yang berdekatan dengan dusun Alang-alang yang sepi. Pantai ini bernama Pantai Nyamplungan, yang berada di dusun Nyamplungan. Pantai ini sebenarnya hanya digunakan warga setempat untuk menambatkan sampan/kapal. Jika kalian menginginkan sepinya pantai atau sekedar ngobrol santai dengan warga setempat, pantai ini bisa dijadikan pilihan. Dan dari sini juga kita juga bisa melihat sunset karena arah pantai menghadap ke barat. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Nyamplungan Karimunjawa
Pantai Nyamplungan Karimunjawa
Pantai Cikmas/Kemloko
Pantai terakhir yang ada di desa Karimunjawa yang aku ulas adalah pantai Cikmas. Pantai ini berada di dusun Cikmas/Kemloko. Lokasinya tidak jauh dari Nyamplungan, pantai Cikmas ini pasirnya agak hitam dan sedikit berlumpur. Sekeliling pantai ini adalah tanaman Bakau. Namun dari sini kita dapat melihat pemandangan yang indah, ada beberapa bukit yang dapat kita lihat dari pantai ini. Bukit-bukit tersebut adalah desa Kemujan. Baca selengkapnya di sini…
Pantai Cikmas Karimunjawa
Pantai Cikmas Karimunjawa
Sementara ini aku ulas tujuh pantai yang ada di Desa Karimunjawa dulu, sebenarnya dekat pantai Cikmas ini ada satu pantai lagi yang indah bernama Pantai Annora Cikmas, pantai yang terkenal karena ada ayunannya di pantai. Berhubung aku belum sempat mengunjungi, dan tidak memiliki gambar sendiri mengenai pantai tersebut, jadi untuk sementara tidak aku cantumkan. Ya, untuk edisi selanjutnya; aku akan mengulas pantai-pantai yang ada di Desa Kemujan, desa yang dampingan dengan Desa Karimunjawa. *Foto-foto pantai ini penulis abadikan ketika menyusuri setiap pantai di Karimunjawa dengan bersepeda pada bulan April 2015.


Update…

Pantai Annora

Pantai Annora Karimunjawa ini mempunyai pemandangan yang lebih indah dan unik. Pantai yang terletak di kemloko, Karimunjawa ini tak hanya menyuguhkan keindahan pasir saja. Pantai Nannora menjadi salahs atu tujuan wisatawan jika ingin berburu sunrise. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki bukit yang dapat kita naiki. Dari atas bukit, kita bisa menyaksikan keindahan darata Karimunjawa. Baca selengkapnya di sini.
Pemandangan dari pantai Annora
Pemandangan dari pantai Annora
Baca juga pantai lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

39 komentar :

  1. kok itu masih sepi mas?
    itu wajib dikunjungi ya? kalo engga kunjungin berarti dosa dong? haduh gimana nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sore pantai-pantai ini ramai, mas :-D

      Delete
    2. @Niki Setiawqan : Hahahhaahah bisa aja deh Niki. "wajib" di sini wajib gimana gitu hiehiehiehiee.

      Delete
    3. Haaaa bingung juga jawabnya, pak :-D

      Delete
  2. Waaaw berasa milik sendiri pantainyaaa


    Masuk bookmark ini tempat yang wajib di kunjungi nanti ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mbak :-)
      Ditunggu bagian keduanya ya, sekitar 2 minggu lagi :-D

      Delete
  3. Replies
    1. Bisa dikunjungi loh kalo ke Karimunjawa :-D

      Delete
  4. Pantai Ujung Gelam kece tuh, tapi yang lain juga kece-kece pantai'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, kalo sore ramai banget di sana :-D

      Delete
  5. Memang benar kak Nasir,,, dari sekian pantai, Pantai Ujung Gelam yang tak asing di telingan saya,,, hehehhee,,,, untung aja belum pernah ke Karimunjawa, jadi ntar kalau ke sana bisa kunjungin nieh pantai, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena pantai Ujung Gelam jadi lokasi tujuan para biro paket ke Karimunjawa :-D

      Delete
  6. Pantai di Jepara yang agak kedalam rata-rata masih sepi gini ya, dulu pernah ke pantai Bandengan, ya masih sepi banget, tapi malah jadi sensasi sendiri, kayak pantai milik sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang pantai di Jepara ramai banget, mas :-D

      Delete
  7. Ditunggu kang update-an yg daerah kemujan. Semoga express bahari favorit wisatawan tidak di monopoli oleh agent travel, kasian para backpacker susah dapet tiket nya mas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua minggu lagi aku update pantai di Kemujan, mas. Sementara teman-teman backpacker bisa mudanya naik kapal ekonomi hehhehehe. Semoga mas, :-D

      Delete
  8. Oke mas ditunggu terutama pantai annora, bulan mei insya allah ke karjaw haha kalo pake siginjai takut telat ujungnya nambah semalem di pelabuhan kartini soalnya dari kota saya keberangkatan bis cuman malem dan suka telat mas haha keep posting mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas, saya awal mei juga balik Karimunjawa, mas. Ada keperluan sedikit. Kalo misalnya njenengan ke sana awal mei, kita ketemuan di Karimunjawa :-D :-D

      Delete
    2. Rencana juga awal mei mas soalnya ada tgl merah haha semoga aja jadi dan kalo jadi pasti saya kontak mas sitam haha

      Delete
    3. Mas plg suka pake express bahari ?minta cp terpercaya nya mas mehehe

      Delete
  9. Melihat liputan si akang yang satu ini seperti mengajak kita untuk menyaksikan keindahan pantai-pantai yang tersembunyi di Pulau Karimun Jawa yang masih belum banyak terjamah nan eksotis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, sebenarnya beberapa pantai ini rame kalau sore, kang.

      Delete
  10. tambah ngiler pengen ke karimun jawa ...
    anakku ngebet banget pengen kesana .. bapaknya juga sih ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agendakan ke sana bareng kelaurga, kang :-D
      Biar terpenuhi hahhahahahha

      Delete
  11. wuuhhh banyak sekali pantai" di sana mas... hehe kadang kalo kebanyakan kita malah jadi kurang minat ya mas hehe... mungkin saya juga kudu mulai mengurangi ini biar tetep ada rasa penasaran yg muncak hehe.,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaaaa, kan bisa ke sananya jangan semua pantai, mas :-D

      Delete
  12. Baru tau Karimun Jawa sesepi ini. Biasa liat di foto agak rame sama wisatawan. Langsung tertarik! Hehe.. Atau ada saran, pantai mana di Karimun Jawa atau waktu terbaik untuk main ke sana pas lagi sepi? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai Karimunjawa sepi itu kalo pagi :-D. Heehehehehhe, hampir semua pantai kok. Selama dari pagi sampe siang, karena wisatawan masih keliling pulau *bagi yang paketan.

      Delete
  13. Karimun Jawa!! Pengen banget bisa kesini. Thanks untuk informasi pantai-pantai indahnya :D

    ReplyDelete