Pantai-pantai Wajib Dikunjungi di Jepara dengan Sepeda

Liburan selalu membuat kita mempunyai banyak agenda untuk bermain ataupun mengunjungi tempat-tempat wisata. Ada banyak pilihan yang bisa kita ambil, mengunjungi pantai, mendaki gunung, atau berkunjung ke kota-kota besar lainnya di Indonesia. Bagi kalian yang berkunjung ke Jepara dan suka bersepeda, serta pengagum pantai, ada beberapa pantai yang dapat kalian kunjungi dengan bersepeda selama seharian. Intinya, masih banyak pantai yang dapat dikunjungi selama di Jepara. Berikut pantai-pantai yang pernah aku kunjungi selama di Jepara.

Pantai Bandengan ini jaraknya kurang lebih 6km dari Pusat kota Jepara. Menyusuri jalanan yang sudah beraspal dan cukup mudah dijangkau, kalian bisa berkunjung  ke pantai tersebut dengan bersepeda. Pantai Bandengan ini akan terasa lebih indah kalau kita datang pagi hari. Masih sepi dan kita bisa main sepuasnya. Kalau hari sudah siang maupun sore, pantai Bandengan ini akan dikunjungi banyak wisatawan. Kebersihan pantai sangat terjaga, pasirnya pun putih dan halus. Dari sini kalian juga bisa menyeberang ke Pulau Panjang kalau lagi luang. Ada tiga ulasanku mengenai pantai Bandengan ini (Edisi Sunset, edisi bersepeda, edisi liburan keluarga)
Pantai Bandengan, Jepara
Pantai Bandengan, Jepara

Hanya berjarak 2km dari pantai Bandengan, kalian bisa mengayuh pedal menuju pantai Pungkruk. Pantai ini identik dengan berjejeran rumah makan. Kalian bisa menikmati pagi seraya sarapan di salah satu rumah makan yang tersedia. Pantai Pungkruk tidak terlalu ramai seperti pantai Bandengan, tapi cukup seru juga kalau kalian kunjungi dengan bersepeda. Pantai ini tidak ada hamparan pasir putih, melainkan karang-karang kecil. Namun suasana yang masih sepi membuat kalian akan betah berlama-lama. Sayangnya pantai ini beberapa bulan lalu sedang dalam proses perobohan tempat hiburan. Baca selengkapnya di sini
Pantai Pungkruk, Jepara
Pantai Pungkruk, Jepara

Pantai Blebak ini ada di daerah Sekuro, Jepara. Pantai ini baru dikenal oleh wisatawan beberapa tahun terakhir. Pantai yang lumayan luas dan berpasir putih membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pantai yang bersih dan dibeberapa sudut tumbuh pohon Pandan akan membuat kalian terkesima dengan keindahannya. Pantai ini pengunjungnya lebih sedikit daripada pantai Bandengan. Jika kalian ingin mengajak keluarga dan bermain pasir, salah satu tempat yang cocok dalah pantai Blebak. Baca selengkapnya di sini
Pantai Blebak, Jepara
Pantai Blebak, Jepara

Tidak jauh dari pantai Blebak, ada juga satu pantai yang bisa kalian kunjungi dengan bersepeda. Nama pantainya adalah Pailus. Pantai ini berlokasi di Karanggondang, Jepara. Berjarak kurang lebih 19km dari pusat kota. Pantai Pailus cukup asyik dikunjungi layaknya pantai Blebak. Selain masih lumayan sepi, di pantai ini airnya pun cukup jernih. Selain itu ada beberapa pohon besar yang tumbuh, sehingga membuat kalian dapat berteduh di bawahnya. Baca selengkapnya di sini
Pantai Pailus, Jepara
Pantai Pailus, Jepara

Masih di Karanggondang, Jepara. Satu pantai yang mencuat namanya adalah pantai Empu Rancak. Pantai ini juga dibilang dengan sebutan “Mpurancak”. Di pantai ini sudah banyak warung-warung makan yang tersedia. Kalian bisa menikmati hidangan khas Jepara seperti Pindang Serani ataupun lainnya. Pantai Empu Rancak cukup asyik untuk bermain bersama keluarga. Banyak juga pohon Pandan yang membuat pinggiran pantai menjadi lebih teduh. Kalian bisa menikmati keindahan pantai seraya menikmati menu yang ada disepanjang warung dekat pantai. Aku pernah menulis dua tulisan di pantai ini; Edisi bersepeda & Edisi sunset.
Pantai Empu Rancak/Mpurancak, Jepara
Pantai Empu Rancak/Mpurancak, Jepara

Pantai selanjutnya adalah Pantai Ombak Mati, Bondo. Pantai ini lumayan sepi juga, dan pasirnya pun cukup lumayan putih. Beberapa pohon Ketapang di tepian pantai membuat kalian betah berlama-lama di sini seraya menikmati semilirnya angin. Jika kalian hobi mancing, di salah satu sudut pantai ini biasanya digunakan warga setempat untuk memancing. Dari sini kita juga bisa melihat menjulangnya PLTU Tanjung Jati. Baca selengkapnya di sini.
Pantai Ombak Mati Bondo, Jepara
Pantai Ombak Mati Bondo, Jepara

Sebenarnya tidak jauh dari pantai Kartini ada sebuah pantai yang lumayan bagus juga. Namanya Pantai Teluk Awur. Di pantai ini sudah ada beberapa resort yang dapat kita datangi dan menginap. Pantai Teluk Awur pada umumnya ramai menjelang sore dan pada akhir pekan. Banyak warga setempat menikmati suasana sore di dekat pantai seraya menunggu sunset. Baca selengkapnya di sini.
Sepanjang Pantai Teluk Awur, Jepara
Sepanjang Pantai Teluk Awur, Jepara

Pantai yang terakhir adalah Pantai Semat, berjarak kurang lebih 2 km dari Pantai Teluk Awur. Pantai ini memang tidak begitu ramai dibanding pantai-pantai lainnya yang ada di Jepara. Namun pantai ini mempunyai sebuah jembatan kecil, tidak semua pantai di Jepara mempunyai sebuah jembatan. Dari sini pandangan kita dapat melihat tumbuhan Mangrove, juga menjadi salah satu pantai alternatif melihat sunset. Baca selengkapnya di sini.
Pelabuhan kecil Pantai Semat, Jepara
Pelabuhan kecil Pantai Semat, Jepara
*Tulisan 8 pantai di atas pertama kali dimuat oleh blog Travelio dengan judul 8 Pantai Wajib Dikunjungi di Jepara dengan Bersepeda (ditambah beberapa tambahan kalimat oleh penulis).

TAMBAHAN

Siapa yang tidak kenal dengan pantai Kartini. Pantai yang identik dengan “Kura-kura Raksasa” ini sangat menarik bagi wisatawan lokal. Tidak hanya itu, keramaian pantai Kartini akan lebih terasa jika pada saat ada kapal penyeberangan ke Karimunjawa berlangsung. Pantai ini bagus untuk menunggu sunset bareng keluarga maupun orang tercinta. Aku pernah mendapatkan sunset yang cukup bagus di sini. Baca selengkapnya di sini.
Landmark di Pantai Kartini, Jepara
Landmark di Pantai Kartini, Jepara

Pantai Benteng Portugis adalah pantai terkenal di Jepara yang lokasinya jauh dari kota Jepara. Pantai yang bercirikan dengan gerbang bertuliskan “Benteng Portugis” menjadi salah satu tempat wisata pantai yang paling dibandrungi para pengunjung. Dari sini kita dapat melihat pulau Madalika, atau bahkan jika ingin menuju pulau tersebut pun bisa dengan menyewa kapal setempat. Akhir pekan kemarin sih ke sini, namun naik kendaraan bermesin. Rencananya tahun depan (tahun 2016) aku ingin bersepeda ke pantai ini. Ada yang mau ikut? Selengkapnya baca di sini
Pantai Benteng Portugis, Jepara
Pantai Benteng Portugis, Jepara
Jadi tidak ada salahnya untuk menyusuri pantai-pantai yang ada di Jepara pada saat liburan. Sangat menyenangkan jika bisa mengunjungi setiap pantainya, mengabadikan diri di pantai, dan tentunya mendapatkan banyak cerita yang berbeda di setiap tempat.
Baca juga tulisan pantai yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

41 komentar :

  1. dari keseluruhan pantai di jepara saya baru merasakan keindahan pantai kartini...ternyata jepara banyak sekali pantai2nya yang indah ya... :)

    ReplyDelete
  2. Wah banyak banget ya pantainyaa,, ane kayaknya blom pernah ke jepara,,
    Jadi pengen kesono deh hahaha
    Btw salam kenal, mampir ke blog ane gan,, xapinos.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, semoga bisa ke Jepara dan menuju pantainya.

      Delete
  3. Gak perlu naik sepeda juga saya datengin mas pantai'a Nyahaha :D

    ReplyDelete
  4. Cuma pernah ke pantai bandengan, benteng portugis, sama kartini.
    Benteng Portugis bagus karang2nya kalau pas air lautnya surut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Nhe: Wah lumayan itu, mbak. Kan dekat dari Semarang, bisa dicoba lagi

      Delete
    2. Mas-nya ke pantai sendirian atau sama siapa? Aman nggak sih kalau misal sendiri aja?

      Delete
    3. Yang edisi sepedaan saya sendirian, mbak. Aman kok :-)

      Delete
  5. banyak sekali mas pantainya. pantai ombak mati sepertinya banyak ikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai Ombak Mati emang banyak pemancingnya :-D

      Delete
  6. Jepara kota ukir , hmm baru ke Kartini sama Bandengan doank..tiap lebaran waktu kecil ke Sana trs...cb ah bsk nyepeda hhiii.. nais infoohhh $$$$

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku diajak sepedaan nggak? hahahhaahha

      Delete
    2. Yokkk
      Tak jak tenan kudu melok yahhh
      Lebaran aku ng Njeporo wes hahahahha

      Delete
  7. wahh yg ada tulisan2nya boleh juga tuh.. benteng portugis sama pantai kartini..

    btw di rembang juga ada pantai Kartini klo ga salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai Blebak dan Mpurancak juga sudha dibuatkan tulisan, mas. Iya di Rembang ada juga pantai kartini.

      Delete
  8. Replies
    1. Sekarang sedang sepi karena kemarin sempat penggususan rumah makan/karokean dll :-)

      Delete
  9. jepara pantainya banayak toh ya..
    maklum, yang gue tau dari jepara cuma tempat historis lahirnya R.A Kartini :)

    ReplyDelete
  10. Wah sekarang ke Jepara Mas Sitam. Tambah banyak aja referensinya. Insya Allah bisa kesono.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hanya mengumpulkan beberapa tulisan yang lalu, mas :-D

      Delete
  11. di daerah saya (Anyer) juga banyak pantai tapi lagi males goes nya:D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, nggak harus gowes kok, bisa naik kendaraan lain juga :-D

      Delete
  12. buset, banyak bener gowesannya ke pantai-pantai Mas top banget deh, punya saya roadbike, kira2 bisa gk ya pergi ke pantai, soalnya kan biasanya jalan ke pantai penuh batu heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Jepara jalannya mulus, mas. Kalo pun berlubang nggak separah kalo gowes ke pantai di Gunung Kidul :-D

      Delete
  13. wah di jepara banyak pantai2 yang bagus ya,

    kalo ada waktu bisane mampir kesini hehe :-)

    ReplyDelete
  14. jepara karimun jawa ya mas... bsk deh eksisi stunya kalo dah punya istri hehe.... seep mas mantap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin kayaknya sudah sedikit blusukan ke Jepara & Kudus :-D

      Delete
  15. Komplet sudah! Ke Jepara gak cuma berburu mebel kayu, tapi perlu piknik ke pantai-pantainya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bulan seperti ini malah bisa tambah berburu Durian, mas :-D

      Delete
  16. Yang udah pernah cuma ke kartini doang nih, yang lainnya belum nyoba hhihih

    ReplyDelete
  17. banyak jua pantai menarik di daerah jepara ya ...
    ternyata ada juga pantai berpasir putih di daerah pesisir laut jawa .... #NorakBanget

    teman saya yang orang jepara . kalau ditanya serba ga tahu ... orangnya jarang kluyuran ... baru sekarang terkena virus travelling ... tapi targetnya malah jalan2 ke tampat di luar jepara ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, Jepara memang pantainya banyak yang berpasir putih, kang. Seru loh keliling Jepara naik sepeda :-D

      Delete
  18. Patung kura2 di pantai kartini masih ada ngak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada om, dia masih setia nongkrong di sana ahhahaha

      Delete