Bermain Pasir Putih di Pantai Tirto Samudra, Bandengan, Jepara

Nggak ada kata bosan kalau berlibur ke pantai, walaupun pantai ini sudah berulang kali aku kunjungi. Selama SMA, lanjut naik sepeda, dan akhirnya sekarang menuju lagi ke pantai Bandengan dengan keluarga teman naik mobil. Sesekali boleh kan main ke pantai nggak pakai sepeda. *Padahal hanya numpang mobil teman, lupakan dulu proses kesininya naik apa, aku fokus mengantarkan teman yang dari Jogja ingin berlibur ke pantai Bandengan. Tentu aku sudah pernah mengulas pantai ini dibeberapa bulan yang lalu.

Mengapa aku memilih pantai Bandengan? Ada beberapa alasannya, pertama kedua anak kecilnya ingin main pasir, kedua lokasinnya nggak jauh dari pusat kota, ketiga ada banyak pelampung, kano, banana boat, untuk bisa disewa, dan mungkin terakhir karena kalau akhir pekan seperti ini pasti ramai. Lha biasanya aku bersepeda malah nyari tempat yang masih sepi. Ini kan nganter teman *alibi lagi.
Suasana pantai Bandengan, Jepara saat akhir pekan
Suasana pantai Bandengan, Jepara saat akhir pekan
Suasana pantai Bandengan, Jepara saat akhir pekan
Benar saja, akhir pekan ini (27 Desember 2014) Pantai Tirto Samudro (lebih dikenal dengan sebutan Pantai Bandengan) ramai. Kami memasuki kawasan ini mulai pukul 11:00 wib, setelah membayar htm 5k/orang (hanya orang dewasa saja yang dihitung) kami langsung memarkirkan kendaraan. Lalu berjalan menuju pantai, ups benar-benar ramai yang berenang. Walau terkena sengatan matahari yang hampir tepat diatas, tapi antusias para pengunjung nggak kalah semangat.

Seperti yang ada difoto ini, ada banyak pelampung bebek-bebekan, life jacket, Kano, sampai banana boat yang bisa kita pakai sewa. Hemmm, benar-benar mengasyikan bukan? Inilah pantai Bandengan, pantai yang selalu dapat menarik wisatawan lokal untuk berkunjung dan menikmati akhir pekan bersama keluarga. Bermain air, belajar renang, dan bermain pasir pastinya. Ini gambar anaknya temanku yang sedang bermain pasir ditepian air laut. Wah asyik banget kan? Mereka lupa sama panas teriknya matahari.
Suasana pantai Bandengan, Jepara saat akhir pekan
Suasana pantai Bandengan, Jepara saat akhir pekan
Suasana pantai Bandengan, Jepara saat akhir pekan
Ditengah-tengah kerumunan wisatawan, suara para tim SAR yang menjaga pantai tidak pernah berhenti. Aku mendengar beberapa himbauan yang selalu diucapkan oleh penjaga pantai dengan pengeras suara. “Bagi pengunjung yang berenang, harap menggunakan pelampung dan tidak keluar dari area batas renang (tali dan pelampung pembatas untuk pengunjung yang berenang)” Selain itu juga memberi himbauan “Bagi anak kecil yang bermain air, diwajibkan untuk didampingi orang dewasa,”. Ada juga teriakan larangan pada pengunjung yang bandel “Mohon pengunjung yang berenang tidak menggunakan tali pembatas daerah renang untuk bermain, kawasan tersebut berbahaya, jaga keselamatan kita bersama”. Dan kerennya lagi ada himbauan seperti ini “Mohon para pengunjung tidak membuang sampah sembarangan, silakan sampah-sampah tersebuh dibuang pada tong-tong yang tersedia, mari kita jaga kebersihan lingkungan pantai bersama.” Josss bukan?

Selain itu ada juga suara keras pemandu wisata yang ada dijoglo kecil. Mereka menawarkan jasa untuk menaiki kapal dan menyeberang ke pulau Panjang dengan htm 15/org. Ah pulau Panjang, dulu waktu SMA aku pernah ke sana. Tapi nggak ada dokumentasinya, besok-besok kalau ada kesempatan mau main ke pulau itu lagi. Kali ini aku sendiri malah asyik berteduh dipayung pantai yang aku sewa seharga 30k. Aku biarkan temanku bermain dengan keluarganya, sedangkan aku cukup menikmati suasana pantai yang ramai ini.
Berfoto dulu :-D
Berfoto dulu :-D
Berfoto dulu :-D
Jika kalian waktu liburnya tidak terlalu panjang, silakan berkunjung ke Pantai Bandengan. Bagi keluarga ini adalah tempat wisata keluarga yang bagus, dan paling diminati oleh wisatawan lokal untuk bermain pasir. Sebenarnya untuk bermain pasir ada juga pantai-pantai sekitarnya yang tidak kalah menarik dan lumayan ramai seperti Pantai Empu Rancak, Pantai Pailus, Pantai Blebak, Pantai Ombak Mati, atau malah sampai ke Pantai Benteng Portugis. Lokasinya memang lebih jauh dari arah kota, namun pantainya juga tak kalah indah dengan pasir putihnya.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

12 komentar :

  1. Rame banget ya pantainya.. Tapi sayang warna airnya agak keruh.. Meskipun begitu, keliatannya tetep asyik buat main pasir-pasiran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang pas lagi ramai-ramainya, jadi agak keruh airnya :-)

      Delete
  2. paling seneng kalo sudah berkunjung ke pantai..
    kalo ke jepara harus jadi destinasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo berkunjung mas, seru loh main pasir :-)

      Delete
  3. keren pantai nya, pengunjungnya juga ramai, mantap deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap akhir pekan pasti pengunjungnya membludak :-)

      Delete
  4. pantai utara pulau jawa ada juga yg bsrpasir putih ya... baru tahu. keren mas Rullah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata pantai di panturan pasirnya putih dan bersih mas :-)

      Delete
  5. pantainya rame juga, ya. Tapi, siang-siang memang asik jalan-jalan ke pantai :)

    ReplyDelete
  6. Eh busyet ... rame bener. Kalo gw pasti ngak nyaman banget liburan di tempat terlalu rame :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku malah asyik melihat orang yang lagi liburan kang, bukan menikmati pemandangannya :-D

      Delete