Melihat Pelabuhan di Pantai Semat, Jepara

Perjalananku menaiki sepeda tidak berhenti di pantai Teluk Awur. Masih ada satu pantai lagi yang ingin aku kunjungi hari ini sebelum aku kembali ke Jogja. Pantai ini lebih dikenal dengan sebutan pantai Semat. Ini karena letaknya di desa Semat. Kira-kira lebih dari 1km dari pantai Teluk Awur. Jadi hanya beberapa menit saja dari kawasan pantai Teluk Awur, tapi berhubung aku belum pernah kedaerah Semat (walau asli orang Jepara) jadi mungkin agaknya harus bertanya penduduk setempat untuk menuju pantai ini.

Aku tertarik mengayuh sepeda ke pantai Semat, karena ada beberapa informasi yang mengatakan ada sebuah pelabuhan kecil dipantai ini. Begitu melewati jalanan desa Semat, aku mulai melihat sekeliling orang untuk bertanya letak pelabuhannya dimana. Nasib baik menghampiriku, secara tidak sengaja aku bertemu dengan salah satu temanku waktu SMA yang asli desa Semat. Jadi aku diberitahu rutenya, hebat ini teman, walau sudah lebih 7 tahun tidak ketemu dan aku memakai helm sepeda, dia masih mengenaliku. Terima kasih atas infonya teman.
Pelabuhan kecil di pantai Semat
Pelabuhan kecil di pantai Semat
Sepanjang pinggiran pantai Semat, Jepara
Sepanjang pinggiran pantai Semat, Jepara
Begitu dapat info dari teman lama, akhirnya aku lanjutkan perjalanan menuju pelabuhan pantai Semat. Sebelum sampai pelabuhan, aku melihat ada sebuah bangunan semacam gazebo, rencananya mau kesana dulu tapi aku urungkan karena ada sepasang muda-mudi sudah duduk santai menikmati pemandangan pantai. Sesampai dipelabuhan aku bisa melihat pemandangan dipantai ini. Seorang bapak-bapak sedang memancing dipelabuhan, cukup bagus sebenarnya pemandangannya, hanya saja tumpukan sampah dari lautan lepas membuat pantai ini tidak terlihat pasirnya.

Cuaca angin kencang juga menjadi salah satu faktor keruhnya air di pantai ini. Dari kejauhan terlihat pulau Panjang, Pantai Kartini, dan tumbuhan bakau (mangrove). Aku yakin jika aku kesini pada saat tidak musim angin dan ombak besar, mungkin pemandangan pantai ini lebih indah. Biasanya kalau bulan Desember – Februari memang kawasan pantai utara agak berombak, jadi air laut menjadi keruh, tidak seperti biasanya. Walau berkunjung disaat yang kurang tepat, aku tetap menikmati pemandangan di pantai ini.
Air keruh karena ombak laut
Jalanan disepanjang pantai Semat
Jalanan disepanjang pantai Semat
Pantai Semat memang tidak begitu terdengar keindahannya. Tapi pantai ini bisa menjadi alternatif pilihan kita untuk berkunjung ke pantai. Tidak hanya pantai ini saja yang bisa kita kunjungi di Jepara. Sepanjang pantai yang menyisir wilayah Jepara dari perbatasan dengan Demak sampai perbatasan dengan Pati tentunya mempunyai pemandangan yang sangat indah.
Mengabadikan momen di pantai Semat, Jepara
Mengabadikan momen di pantai Semat, Jepara
Mengabadikan momen di pantai Semat, Jepara
Aku berharap suatu saat bisa mengunjungi pantai-pantai lain yang tidak kalah indahnya dengan pantai yang telah aku kunjungi. Mungkin pantai Bondo dan sekelilingnya adalah tempat yang tepat untuk aku kunjungi suatu saat. Jepara mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar apabila setiap pantainya dapat dikelola dengan baik. Dan yang pasti setiap sudut Kota Jepara tetaplah indah. Semoga perjalanan bersepedaku ini bisa membuat kalian lebih paham dan lebih mengenal tentang Jepara dengan segala keindahannya. 
Baca juga postingan yang lain
Bersepeda ke Pantai Teluk Awur,Jepara
Menyusuri Pantai Pungkruk Jepara dengan Bersepeda
Menikmati Pantai Bandengan Jepara dengan Bersepeda
Jembatan Cinta di Ujungbatu, Jepara
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment