Tiwul; Makanan Pengganti Nasi - Nasirullah Sitam

Tiwul; Makanan Pengganti Nasi

Share This
Tiwul dan taburan parutan kelapa
Sebagian dari kita, jika belum makan nasi biasanya belum merasa kenyang. Perut kita sudah terbiasa dengan nasi. Sehingga saat makan singkong ataupun roti rasanya tetap ada yang kurang. Pun cepat kembali lapar.

Padahal di daerah yang lain, beras bukan menjadi makanan wajib. Misalnya Sagu di Papua, atau beberapa daerah yang biasa menjadikan Jagung sebagai makanan pokok. Di Jawa ada juga singkong, meski tidak dominan.

Postingan kali ini aku ingin mengulas tentang Tiwul. Tiwul atau Thiwul adalah makanan yang bisa kita jadikan pengganti nasi. Belum lama ini, aku mendapatkan kiriman makanan yang berbahan dasar dari ketela pohon. Bagi kalian yang di Jogja, khususnya Kabupaten Gunungkidul tidak asing dengan makanan ini. 
Selamat menikmati Tiwul
Selamat menikmati Tiwul
Tiwul berasal dari Ketela Pohon yang dikeringkan, hampir semua masyarakat Indonesia di Jawa menyebutnya dengan sebutan Gaplek. Setelah kering, Gaplek tersebut dihaluskan dengan mesin sehingga berbentuk seperti tepung. Hanya saja teksurnya lebih kasar. 

Proses selanjutnya adalah mengukus olahan yang sudah dihaluskan dengan mesin. Makanan yang identik dengan orang desa ini mulai menggeliat dengan adanya wisatawan. Tiwul menjadi oleh-oleh di Gunungkidul. Dikemas menggunakan ayaman bambu dengan lapisan di dalam daun pisang, Tiwul menjadi banyak yang ingin membeli.

Aku sudah beberapa kali makan Tiwul, jadi makanan seperti ini sudah tidak asing dengan lidahku. Sebenarnya kalau kita berkunjung ke Jogja, khususnya ke Gunungkidul; maka Tiwul menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa kalian beli untuk dibawa pulang.

Tiwul memang sering dijadikan masyarakat setempat sebagai makanan pokok pengganti nasi. Aku menikmati Tiwul ini dengan ditaburi parutan Kelapa dan dibungkus dengan daun Pisang. Benar-benar istimewa kalau makanan dibungkus dengan daun Pisang. 

Rasa Tiwul pun sangat cocok untuk di lidah kita, aku yakin kalian tentu akan menikmati makanan ini. Tiwul layaknya Sagu di Papua. Karena makanan-makanan tersebut bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Sudah pernah makan Tiwul? Kalau belum, aku sarankan untuk mencoba makan Tiwul jika kalian menemukan di tempat-tempat terdekat kalian.

Baca juga postingan yang lainnya 

20 komentar:

  1. Tiwul merupakan salah satu makanan tradisonal yang yang suka dan saya buru pada saat ke daerah Jawa Tengah mas, kalau di sini sudah jarang sekali, adapun satu atau dua penjual yang masih menjajakan makanan tradisional yang enak ini.

    BalasHapus
  2. Dulu aku pernah ngalamin lho masa-masa makan tiwul, kayaknya waktu itu lagi paceklik dan padinya gagal panen semua. Jadi sekampung pada masak tiwul ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang malah jadi oleh-oleh kalau berkunjung ke Gunungkidul, mas.

      Hapus
  3. hmm, sepertinya enak tuh :D #astagfirullah puasa :D

    BalasHapus
  4. belum pernah nyoba, sepertinya rasanya enak ::)

    BalasHapus
  5. kalau aja ada di tempat saya, pasti sudah saya beli tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini ada kok, sini main ke Jogja terus beliin aku *eh :-D

      Hapus
  6. Kalo lagi laper gini liat makanan, pasti bawaannya laper

    BalasHapus
  7. Aku sukak banget ama Tiwul, rasanyaa pengen cepet2 mudik kalau lihat makanan khas ini :P

    BalasHapus
  8. sudah jarang banget ketemu thiwul
    dan dah lama banget nggak makan thiwul, nampak menggiurkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee, siap-siap sedia air mineral kalo makan tiwul, takunta tertahan di tenggorokan :-D

      Hapus
  9. Saya suka makan tiwul kalau pulang kampung, Tapi suka beli juga bareng getuk... Tiwul ini makanan yang patut di promosikan. karena tergeser dengan makanan modern...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener heeee, ini juga ada getuk yang ingin aku tulis :-D

      Hapus
  10. saya sering makan nasi tiwul. alm. nenek saya dulu sering buatin nasi tiwul. tapi sering udah gak pernah.
    oiya folbek blog saya yah haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi kenangan banget tuh :-)
      Oke aku follow :-)

      Hapus
  11. belum pernah icip tiwul itu

    BalasHapus

Pages