Pengalaman Menginap di Tengah Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang - Nasirullah Sitam

Pengalaman Menginap di Tengah Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang

Aktivitas di Perkebunan Teh Wonosari, Malang

Dua mobil beriringan menyibak keramaian Malang. Jalan yang ditempuh pun relatif lebih kecil. Senja tak dapat kulihat, hanya gelap karena hujan baru reda. Mendung menggeliat berarakan terlihat dari berbagai sisi. Kumandang magrib pun kudengar sepanjang perjalanan.

Kali ini perjalanan kedua kendaraan yang membawa rombonganku menuju lereng Gunung Arjuno. Di sana nantinya kami akan mengingap di salah satu penginapan yang lokasinya di tengah-tengah Kebuh Teh Wonosari. Perjalanan lumayan lama dari Batu ke daerah Perkebunan Teh yang ada di daerah Lawang.

Mobil mulai memasuki kawasan Kebun Teh, hawa sedikit lebih dingin agak terasa. Sebuah portal yang dijaga tiga petugas terbuka, mobil pun menyusuri jalan tidak luas di antara hamparan kebun teh yang terlihat menghijau karena terkena sinar lampu. Lebih dari 10 menit dari portal, kami berhenti di depan sebuah wisma.

Aku mendapatkan kamar nomor 9. Kami pun melangkah menuju kamar masing-masing. Sedikit syok bagi rombonganku, karena kamar yang diharapkan tidak sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Aku sendiri tertawa di grup WA.

Kasur satu, bantal 2, TV Tabung jaman dulu tanpa remote, lemari terbuat dari anyaman bambu, kamar mandi pun hanya biasa (sabun saja tidak ada pasta gigi). Semacam penginapan di Kaliurang, mungkin lebih bagus di Kaliurang.
Perkebunan Teh Wonosari, Lawang

“Selamat menikmati suasana survival di sini."

Begitulah ucapan salah satu rombongan kami yang ibu-ibu. Beliau bercerita di kamarnya ada Cecak di dinding dan lainnya yang membuat kami tertawa bersama. Menjelang pukul 10 malam, aku masih asyik menonton film di laptopmu. Kubiarkan lampu hidup, TV hidup juga, karena tidka ada remote dan malas jalan kaki menuju depan untuk mematikan TV.

Duarrrr!! Duarrr!! Duar!!

Letupan kembang api kencang dari salah satu sudut bangunan membuatku sontak berdiri dan kaget. Tidak hanya aku, hampir semua yang deretan kamarnya bangun dan beranjak keluar. Aku dan beberapa penghuni kamar lain menuju tempat penjaga. Lalu sedikit protes karena mengganggu malam kami. Petugas langsung mencari arah sumber suara, dan menegurnya.

Pagi harinya aku sedikit terlambat bangun. Jam dinding sudah menunjukkan pukul 05.25 WIB. bergegas aku sholat subuh, dan langsung menyambar kamera untuk melihat sunrise. Ternyata dari sini sunrise sudah tinggi, aku hanya mengabadikan dua kali dengan mengatur pencahayaan kamera menjadi lebih gelap.

Tak terlihat hamparan teh yang kuabadikan kali ini, karena mentari sudah tinggi dan aku berada di dataran tinggi. Sedangkan di bawah hamparan tumbuhan teh terlihat segar. Dedaunannya terkena tetesan embun yang sedikit berkilau ketika ada cahaya yang meneranginya.
Bermain pencahayaan paling gelap kamera Mirroless Nikon
Beranjak aku menuju hamparan kebun teh. Pagi ini belum ada kegiatan keliling kawasan kebun. Aku berjalan menyusuri jalan setapak, jauh di sana ada puncak gunung yang terlihat tinggi. Bisa jadi itu adalah puncak Gunung Arjuno.

Karena lokasi perkebunan teh ini berada di lereng Gunung Arjuno, bahkan dari beberapa sumber dari sekitaran kawasan ini pun ada jalur pendakiannya. Kombisani tumbuhan teh berbaur dengan pepohonan lain yang tinggi. Hampir berjarak beberapa meter terdapat pepohonan tinggi.

“Rul! Kita keliling perkebunan naik mobil!” Teriak temanku dari ujung jalan.

Setengah berlari aku menuju tempat kumpul. Di sana ternyata rombongan sudah siap, tinggal aku saja yang belum kumpul. Menaiki sebuah mobel yang sudah dimodif dengan menambahi dua kursi panjang di bak belakang, kami pun menyusuri jalanan arah lain melihat perkebunan teh.

Jalan yang awalnya aspal berubah menjadi tanah liat. Goncangan mobil membuat kami harus sedikit mengangkat pantat agar tidak terlalu sakit. Naik mobil semacam ini mengingatkanku sewaktu berkunjung ke Lembongan.
Naik kendaraan berkeliling kebun Teh Lawang
Sepanjang perjalanan ini aku mengabadikan banyak gambar. Tidak hanya hampran teh yang hijau, namun juga orang-orang yang merawat tanaman tersebut. Sekelompok orang menggunakan helm lengkap dengan sepatu boat, dan juga menggendong alat penyemprot hama pun kami jumpai. Mereka berbondong-bondong jalan kaki menuju mobil tangki yang terparkir di luar.

Lalu dengan sigap mereka menyemprot tanaman tersebut agar tidak rusak dimangsa hama. Di sudut lain pun terdapat dua orang ibu-ibu yang sedang memetik daun teh. Ciri khas para pemetik daun teh adalah topi dan sebuah karung yang melilit di badannya.

Kedua tangan cekatan sekali memetik mana daun teh yang harus dipetik, dan mana yang sudah tua ditinggal. Suasana cerah membuat para pemetik daun teh dapat bekerja dengan maksimal. Sayangnya hanya sedikit orang-orang yang memetik daun teh pagi ini.
Para perempuan pemetik daun teh
Mobil yang kami naiki menuruni jalan sedikit terjal. Dari sini terlihat hamparan perkebunan teh membentang jauh sampai ke ujung. Sementara itu di belakang kami sebuah puncak gunung megah tanpa tertutupi awan. Sang supir pun menurunkan kami di sini, dan mempersilakan kami berfoto di antara sela-sela kebun teh.

“Ada ularnya tidak, pak?” Pertanyaanku membuat para pengunjung lain saling berpandangan.

“Aman, mas. Kalaupun ada Ular, pasti Ularnya akan lari terlebih dahulu ketika mendengar suara kaki,” Jawab bapak sopir.

Jawaban bapak tersebut kukira hanya gurauan pagi saja. Aku menyibak di antara pohon teh yang rimbun. Nasibku kurang mujur karena membawa kamera, sementara rombongan lain sengaja meninggalkan kameranya di kamar.

Jadilah aku hari ini sebagai tim dokumentasi dadakan. Melayani setiap rombongan yang ingin berpose disela-sela tumbuhan teh. Aku pun harus menerima pekerjaan, bagaimana mungkin menolak saat bos bilang, “Ayo mas, kami difoto.”

Baiklah, seraya mengabadikan satu persatu, kemudian perkeluarga, berlanjut seluruh rombongan (minus aku) karena tidak bawa Tripod. Disela-sela para rombongan asyik mengabadikan diri menggunakan hp masing-masing, aku mendekat salah satu teman dan meminta untuk diabadikan juga.
Swafoto di Kebun Teh Wonosari, Lawang
Mobil yang membawa kami sudah jalan terlebih dahulu menuju ujung depan jalan. Kami berjalalan kaki sekitar 200 meter sambil menikmati suasana pagi yang tentu udaranya masih sejuk. Sesampai di dekat mobil, kami kembali naik mobil dan pulang menuju area kumpul tadi melalui jalur yang berbeda.

Dari sini akhirnya aku tahu kalau di dalam perkebunan teh ini ada kampung. Di sana ada sebuah sekolah dasar, kemudian rumah para warga yang berkerja sebagai karyawan di perkebunan teh ini; rumah-rumah mereka bentuknya sama semua, hanya di depannya terdapat tulisan nama orang yang mendiami.

Satu jam perjalanan pun berakhir, pagi ini kami akan melanjutkan mengunjungi Pabrik Pembuatan Teh yang lokasinya dekat dari tempat menginapku semalam, hanya beberapa puluh meter saja. *Menginap di perkebunan teh Wonosari Lawang, Malang ini pada hari Senin – Selasa; 28-29 Desember 2015.