Mencari Ketenangan di Pantai Hadirin, Karimunjawa

Masih dengan edisi pantai yang ada di Karimunjawa, kali ini pantai yang aku posting adalah pantai Hadirin. Setelah menelisik nama pantai ini diambil dari orang yang mempunyai tanah diarea dekat pantai ini. Dan sampai sekarang nama tersebut dijadikan nama pantai, keren juga nama orang dijadikan nama pantai.

Memang banyak pantai di Karimunjawa yang sudah terkenal dengan keramaiannya, tapi jika kalian adalah wisatawan yang ingin dipantai tenang, sunyi, tanpa ada keriuhan. Aku rekomendasikan pantai ini sebagai salah satu tujuan yang harus kamu kunjungi. Selain masih asri, memasuki pantai ini tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Pantai ini berada di dusun Jelamun, Kemujan, Karimunjawa. Letaknya dekat dengan bandara Karimunjawa. Kalau mau jalan kesini aksesnya gampang banget. Dari arah Karimunjawa nanti akan ada pertigaan yang belok kiri ke Bandara, silakan ambil lurus. Sekitar 150 meter nanti ada tulisan pantai ini.
Petunjuk arah yang dibuat KKN UGM
Petunjuk arah yang dibuat KKN UGM
Pantai Hadirin memang tidak seramai pantai-pantai yang sudah dikenal di Karimunjawa. Pantai ini hanya sebagai tempat bermain warga setempat dan sebagai pelabuhan kapal-kapal warga setempat. Dulunya pelabuhan inilah (sekitar tahun 1900an) menjadi pelabuhan yang cukup ramai walau terbuat hanya dari tumpukan batu dan tanah saja. Kali ini pelabuhannya hanya tinggal bongkahan-bongkahan bebatuan saja.
Pelabuhan tua dipantai hadirin
Pelabuhan tua dipantai hadirin

Pantai ini cukup bagus untuk salah satu tempat alternatif para pemburu sunrise. Karena matahari akan terbit diantara pulau Tengah dengan pulau Cendikian. Jadi cukup indah kalau bisa mendapatkan sunrise dipantai ini. Untuk luas pantai, pantai Hadirin cukup luas dengan bentangan pasir putih seperti pasir-pasir dipantai Karimunjawa lainnya.

Oya dipantai ini banyak banget pohon kelapanya, jadi kalau kalian kesini jangan sampai lupa untuk membeli kelapa muda yang ada dipohonnya. Biasanya ada penjaga yang menjaga kelapa-kelapa tersebut dan kita bisa membeli dari beliau.
Pesisir pantai Hadirin
Pesisir pantai Hadirin
Pantai ini cukup banyak kapal-kapal nelayan yang bersandar. Karena pelabuhan ini adalah satu-satunya pelabuhan yang ada didusun Jelamun. Hampir sebagian besar kapal nelayan bersandar dipelabuhan ini. Disini pula kita dapat membeli ikan hasil tangkapan para nelayan untuk kita makan. Harganya biasanya lebih murah loh.
Sebuah kapal yang digalang dipantai
Sebuah kapal yang digalang dipantai
Memandang pantai
Memang banyak pantai di Karimunjawa, dan pantai ini adalah salah satu pantai yang tidak terekspos namum memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Dan dari dulu aku selalu berkata “Setiap sudut yang ada di Karimunjawa adalah surga bagi mata yang memandang”. 
Baca juga postingan yang terkait :
Menikmati Kesunyian di Pantai Pantura, Karimunjawa
Predator Karimunjawa itu “Edor “
Rumah Panggung di “Kampung Bugis” Karimunjawa

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment