Jenuh di Tempat Kerja? Coba Lakukan Ini

Bekerja selama 8 jam bagi karyawan kadang merasa waktu itu cepat, tapi kadang juga menjadi sangat lama. Terang saja kalau kita sedang ada deadline, maka waktu itu berputar terasa cepat. Belum selesai ngerjain tugasnya, eh waktu sudah terlambat. Tapi kadang juga kita merasa lama ditempat kerja, sehingga rasa jenuh menggeluti otak kita. Pernah merasakan hal yang seperti itu kan? Hemmm, semangat aja deh buat kalian yang pernah merasa seperti itu. Aku juga pernah ngerasain hal yang sama kok, coba deh kalau lagi jenuh kalian bisa lakukan beberapa hal agar kembali semangat bekerja;
Saat jenuh di tempat kerja
Ilus: Saat jenuh di tempat kerja (dok. www.cartoonstock.com)
Niat, Senyum, & Motivasi untuk Diri Sendiri
Kalau ini memang wajib, masa masih pagi-pagi udah cemberut nggak jelas. Kan ntar jadinya bad mood. Ayo niatin dulu buat berangkat kerja, pasang wajah ceria. Itu loh senyum-senyum dulu boleh kok. Misalnya lagi dijalan macet, terus senyum sama polisi yang ngatur jalan, atau lagi diserempet kendaraan lain ntar senyum sama yang nyerempet J dan pastinya harus memotivasi diri sendiri misal bilang “I Love My Work”.

Sapa Teman Kerja
Dikerjaan bengong sendirian, hufffhhh kasiannya ntar lama-lama jenuh dan suntuk loh. Kalau sudah menyerang itu suntuk kalian harus beranjak dari kursi pertapaan dulu. Duduk santai disamping teman kerja sambil ngobrol ringan misalnya. Tanya-tanya agenda akhir pekan kemana, siapa tahu bisa main bareng. Kalau nggak seperti itu ya mungkin janjian ntar siang makan dimana, siapa tahu bisa ditraktir J Ya pokoknya jangan terus bertapa selama 8 jam deh.

Menata Meja Kerja
Meja kerja berantakan? Banyak kertas tersebar di meja, atau tumpukan berbendel-bendel dokumen. Wah bikin pemandangan kurang sedap kalau kayak begitu. Coba ditata serapi mungkin, pasti kalau sudah ditata dengan rapi kalian akan merasa lebih bersemangat untuk bekerja.

Mendengarkan Lagu sambil Ngopi/Ngemil
Kalau kegiatan satu ini sepertiya sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh karyawan. Kalau aku sedang jenuh biasanya langsung membuat minuman hangat serta mengemil. Kalau nggak bawa camilan, tuh datengin aja karyawan cewek. Pasti banyak bawa camilan, haaaaa. Ups… kalau dengerin musik jangan kencang-kencang ya, kasihan kawan satu kerja kita ntar terganggu. Biasanya kalau aku sih dengerin instrument Kenny G. Wuhhh langsung semangat bekerja.

Bawa Barang Kesukaan
Membawa barang kesukaan untuk dipajang di meja kerja bisa membuat kita lebih nyaman. Kalau cewek mungkin bawa boneka kecil, atau cinderamata dari pacarnya. Atau bawa satu bingkai foto seseorang untuk dipajang. Jadi pas lagi rehat sejenak dari aktifitas, kita bisa memandanginya dan kemudian semangat untuk melanjutkan aktifitas sampai jam pulang.

Resign
Kalau ini adalah disaat kita benar-benar sudah jenuh dan tidak merasa nyaman lagi. Daripada menggerutu setiap hari, curhat sana-sini nggak jelas karena merasa terbebani oleh tanggungan. Kalian bisa mengundurkan diri dan mencari suasana baru, tapi ingat kalian harus mempertimbangkan matang-matang sebelum mengambil keputusan terakhir ini karena banyak dampaknya bagi kalian sendiri. Ambil mana yang terbaik menurut kalian, dan kalian lah yang memutuskan segalanya.

Sebenarnya tergantung dari diri kita bagaimana kita bsia mengatur mood ini agar tetap semangat dan tidak jenuh. Tinggal bagaimana kita menyikapi keadaan sekarang. Jika kalian yakin dengan apa yang kalian lakukan sekarang, lakukanlah. Semoga itu yang terbaik J Semoga 8 jam ditempat kerja kita bisa menghapus rasa jenuh selama bekerja, dan bisa bekerja dengan optimal J
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

15 komentar :

  1. Resign Bro, bukan Resend :D

    ReplyDelete
  2. Dengerin musik memang jadi andalan kalau lagi jenuh

    ReplyDelete
  3. Cobai satu-satu ah...tapi yang terakhir jangan dulu...i love my job... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, sama mas. Sampe-sampe komputer kerjaan aku kasi pasword: i love my work" haaaa

      Delete
  4. wah mantap juga ide nya, boleh juga nih tips nya dicoba agr tidak mudah jenuh di tempat kerja ya dan bisa berkerja dengan optimal dan profesional :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting nggak pilihan terakhir aja dulu :-D

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Kayanya resign satu2nya jalan kalau udah ga ada obat buat jenuh :)
    karena ga disemua tempat kerja kita bisa melakukan sesuatu sesuai yg kita mau kadang kita malah kaya robot aja yang aktifitasnya itu2 aja tiap hari

    ReplyDelete
  7. ngerumpi, ngelaba, pasang status di sosmed dan nge post koment di blog orang :D, biar gak jenuh - thanks ne udah gak jenuh dengan keadaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakakakkaka, kalo aku lagi jenuh minum kopi :-D

      Delete
  8. Kalau saya biasnya Mendengarkan Lagu sambil Ngopi, itu ampuh banget

    ReplyDelete