Seperti Dosen Pembimbing Skripsi

Pernah mengerjakan Skripsi? Atau malah sedang bergelut dengan skripsi? Yah, namanya juga mahasiswa akhir. Tentu banyak di antara kalian yang mengalami bagaimana susahnya mengerjakan skripsi. Aku dulu (awal-awal suka ngeblog) pernah menulis tips agar cepat mengerjakan skripsi. Itu dulu, waktu lagi selesai mengerjakan skripsi.

Suatu ketika, aku pernah didatangi adek kelas yang sedang galau dengan skripsinya. Lalu kami janjian untuk bertemu dan membahas naskahnya. Seperti yang aku rasakan, dia susah dalam menentukan metode yang akan digunakan, juga sering kekurangan teori untuk memperkuat penelitiaannya. Masalah lain adalah, belum bersambungnya antara latar belakang, rumusan masalah, dan teori yang digunakan. Ribet sih bagi yang sedang galau dengan skripsi.
Mahasiswa satu jurusan bimbingan skripsi
Mahasiswa satu jurusan bimbingan skripsi 
Kami bertemu beberapa kali, dan akhirnya dia lulus. Katanya sih aman saat sidang akhir. Ini kali pertamanya aku menjadi orang yang membimbing skripsi. Oya, aku tidak akan melepaskan dia dengan mengerjakan sendiri. Hanya saja aku layaknya menjadi dosen pembimbing, jadi mulai membaca sampai dengan mencoret-coret naskah mahasiswa.

Seru juga menjadi pembimbing gadungan seperti aku. Mungkin memang sudah dasarnya kali ya, kalau dulu hanya ada satu mahasiswa adek kelas yang datang dan minta dilihat serta dibaca, lalu dicek mana yang salah atau benar. Lambat laun semakin banyak yang datang untuk bimbingan ke aku. Kalau aku hitung-hitung lebih dari 10 mahasiswa adek kelas yang sudah lulus kuliah. Sekarang malah nggak hanya dari kampus yang dulu aku kuliah di sana. Malahan dari kampus lain pun bimbingan ke aku. Usut punya usut, ternyata mereka tahu dari temannya. Wealah, ingat ini bukan dikomersilkan. Jadi aku tidak sedikit pun meminta upah untuk mengoreksi naskah mereka.
Membimbing mahasiswa dari universitas lain
Membimbing mahasiswa dari universitas lain
Membimbing mahasiswa dari universitas lain
Bagiku simpel saja, kami bertemu di tempat mana saja (terserah yang mengajak). Kadang di Perpustakaan, kadang di Kos, kadang juga di luar sekalian makan. Sampai detik ini, ada 4 mahasiswa aktif dari tiga kampus yang berbeda sedang bimbingan skripsi ke aku. Jadi aku mengoreksi terlebih dahulu naskahnya, kalau sudah aku rasa baik; baru nanti mereka bimbingan ke dosen aslinya. Seru juga ya jadi dosen dadakan seperti ini. Mungkin ini kode untukku untuk melanjutkan belajar S2 lalu menjadi dosen… Aminnnn *berdoa
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

24 komentar :

  1. smoga bisa ngelanjuti s2 mas, sudah berbakat jadi dosen beneran :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Iya, ini skripsi mahasiswa yg bimbingan heeee..

      Delete
  3. wah sudah bisa bimbing adek kelas sampai lulus ya mas, keren itu, lanjutkan saja mas sampai S2 semoga sukses :)

    ReplyDelete
  4. Ga bkin usaha aja mas jdi tukang bkin skripsi. tetangga saya juga kerjanya bikin skirpsi mahasiswa di kampus dket rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa, nggak lah. Cukup membimbing saja biar sama-sama ada tanggung jawab :-)

      Delete
  5. nih saya lagi nyusun mas, tapi punya saya jalan ditempat -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending jalan di tempat dari pada malah mundur :-) *Semangat :-)

      Delete
    2. bener juga sih. haha.
      siaap \m/

      Delete
  6. Semoga cepat selesai pembuatan skripsinya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya bimbing kang, tinggal bimbing calon istri yg belum ada :-D

      Delete
    2. di universitas kan banyak mas cewe yang bening?ehehehe

      Delete
  7. wah jadi editor ya ....hehe
    ayo mas semangat, semoga dimudahkan ke S2 nya, aamiin :)

    ReplyDelete
  8. editor nih,hehe semoga s2nya lancar ya :)

    ReplyDelete
  9. wah ajdi inget kuliah heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeee, pasti ingat skripsinya dicoret-coret pembimbing :-D

      Delete
  10. wah aku bntr lagi juga nyusun skripsi.
    semangat mas nas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga penyakit malas nggak ganggu kamu :-)

      Delete