Berkesempatan Mempelajari Software Anti Plagiarisme AIMOS

Plagiat…. Ya, banyak sekarang orang yang bertanya-tanya apakah tulisan seseorang itu plagiat atau tidak. Mungkin kita harus banyak membaca tulisan-tulisan ataupun searching di internet mengenai tulisan yang temanya sama. Dari sana kita minimal tahu kalau ada tulisan yang mirip atau tidak, cukup sulit memang kalau kita harus mencari tahu apakah sebuah karya ilmiah seseorang itu plagiat atau tidak.

Beberapa hari yang lalu, aku mendapatkan kesempatan emas untuk mempelajari/mempraktekkan sebuah software yang sedang dikembangkan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM. Software tersebut bernama Academic Integrity Monitoring System(AIMOS). Sebuah kesempatan yang langka dan harus aku ikuti. Padahal yang datang adalah beliau-beliau para Prof maupun dokter, serta staf pengajar. Alhamdulillah, sedikit-sedikit ilmunya nambah.
Login memakai akun email UGM
Login memakai akun email UGM
Sebenarnya kita bisa mengaskes AIMOS diwebnya, namun kita harus menggunakan email UGM. Dari sana kita bisa login dan mulai menjalankan AIMOS. Untuk saat ini AIMOS hanya bisa mendeteksi tulisan yang plagiat pada internal database UGM, karena terhubung pada Repisitopry Electronic Theses and Dissertation (ETD). Langkah-langkahnya pun mudah, setelah login kita dapat menginput data (skripsi dll) dalam bentuk PDF. Caranya klik tulisan Submit Literature” (maksimal 1OMB).
Tampilan setelah dapat login
Tampilan setelah dapat login
Setelah itu isi kolom-kolom yang diberi tanda petik, termasuk kategori naskah yang kita input. Ada banyak pilihan tema yang dapat kita pilih. Setelah diisi semua, kita klik bagian bawah “Next”. Lalu pilih “Similar Category”. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya. Cukup mudah sebenarnya untuk menjalankan software ini. setelah selesai, nanti software ini memberikan hasil ada beberapa tulisan yang mirip serta presentase kemiripannya. Kita dapat mengklik salah satu dan melihat bagian (konten) mana saja yang mirip.
Mengupload file dalam bentuk PDF
Mengisi judul, kategori dll
Mengupload file PDF dan mengisi kategori, judul, tahun dll
Sebenarnya software ini sangat membantu bagi dosen yang membimbing mahasiswa untuk melihat apakah tulisan mahasiswa tersebut plagiat atau tidak (dengan ketentuan-ketentuan tertentu). Pada hasil deteksi ananti ada tulisan dengan tiga warga, Merah, Biru, dan Hitam. Dan dibawahnya terdapat keterangan yang menjelaskan arti warna pada tulisan (duh sayang punyaku error saat input).

Menarik sekali mengenal software ini, untuk menjalankannya kita cukup mudah karena tidak seribet menjalankan OJS ataupun lainnya. Untuk sementara ini AIMOS baru diperkenalkan dilingkungan UGM, jika kampus-kampus lain menggunakan software yang sama tentunya akan sangat menarik. Sedikit demi sedikit jika kita menggunakan software seperti ini, kita dapat mengidentifikasi lebih dini mengenai plagiat atau tidanya sebuah karya ilmiah. Jadi tertarik untuk mendalaminya, walau bukan seorang dosen atau pengajar tapi nggak apa-apa kan kalau ikut mempelajarinya. Selain itu perlu juga dikaji presentase minimal sebuah naskah berapa persen persamaan dengan naskah lain sehingga boleh dikatakan plagiat.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar :

  1. selama ini saya ngecek di copyscape aja. Tapi, kelihatannya menarik softwarenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baru juga sih mbak, jadi aku coba dulu heee. Semoga bisa bermanfaat :-)

      Delete
  2. Bicara tentang plagiat itu sebenarnya saya tertawa, dalam hal dunia kratif itu selalu terlihat dari hasilnya, tapi kalau yang itu tidak bisa di cek dengan sofwer kali yang kang ? Keculai dunia tulisan. he,, he,, he,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah susahnya kang, heee. Kalau tulisan mungkin bisa kita cek, kalaupun dikutip, kan lebih baik mereka menautkan sumbernya kang :-)

      Delete
  3. wah keren juga mas software ini mantap..mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, kayaknya kalau foto nggak bisa pakai software ini mas heee.. Kan foto-foto mas buanyak banget :-D

      Delete
  4. wahh keren nih buat namabah2 ilmu, bermanfaat artikelnya


    http://litarachman.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Hi Nasirullah Sitam,

    Sudah 2 thn ini saya menawarkan software anti plagiarism bertaraf international ke UGM.
    Mereka masih ragu karena mereka sedang mengembangkan software AIMOS ini.
    Apakah Anda tertarik untuk mencoba secara gratis software yang selama ini saya tawarkan?
    Software anti plagiarism ini namanya iThenticate.
    Silahkan anda cek ke iThenticate.com

    Jika Anda tertarik silahkan menghubungi saya.
    Thanks.

    Ririana
    iGroup (Asia Pacific) Ltd.
    Phone : (021) 6385 3006
    Email : ririana@igroupnet.com


    ReplyDelete
  6. ini tuh bisa juga buat skripsi yg diluar UGM?
    apa program ini untuk mencocokkan apakah ada kemiripan skripsi kita dengan skripsi ugm punya?
    soalnya yg saya baca diatas, cuma bisa mendeteksi di internal database ugm aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara hanya untuk internal di UGM..

      Delete
    2. ooh jadi yg di submit literature yang kita upload itu itu nantinya dicocokan dengan karangan ilmiah yang ugm punya ya? untuk mengetahui apakah karangan ilmiah kita sama atau tidak dengan yg ugm miliki? begitu bukan?

      Delete
    3. Iya benar. Nanti ada keterangan dan warna merah, hijau, dan hitam. Selain itu, juga nanti ada berapa persen plagiatnya.

      Delete