Memancing Ikan di Embung Tambakboyo

Bagi kalian yang asli orang Jogja, khususnya Sleman tentu tidak asing dengan Embung Tambakboyo. Salah satu embung yang tiap harinya ramai oleh pengunjung untuk bersantai maupun berolahraga (jogging) mengitari embung. Saat-saat yang tepat berkunjung ke sini adalah waktu sore hari. Tapi kalau pagi pun sudah banyak orang yang berlari pagi, senam, maupun aktifitas lainnya. Termasuk menyalurkan hobi memancing ikan, banyak lih orang-ornag yang mancing ikan disini.

Aku sempat beberapa kali bersepeda sore ke sini. Banyak aktifitas para pecinta mancing berdudukan disetiap sudut sambil memegang Joran  pancing maupun sedang memasang umpan dimata kailnya. Umpan yang dipakai pun beragam, ada yang menggunakan udang kecil, lumut, sampai enggak pakai umpan. Lha ini beneran loh, jadi dalam setiap 10-15cm senarnya diberi kail, bisa sampai dalam satu senar ada lima mata kail. Walah jadi ingat masa-masa mancing jaman dirumah, tiap sore mancing ikan sama bapak ditengah-tengah laut.
Para pemancing di Embung Tambakboyo, Sleman
Para pemancing di Embung Tambakboyo, Sleman
Para pemancing di Embung Tambakboyo, Sleman
Aktifitas memancing ikan ini hampir semuanya dikarenakan mereka hobi memancing, jadi kalau sore maupun pagi nggak ada kegiatan, untuk membunuh waktunya dengan memancing ikan di Embung Tambakboyo ini. beberapa temanku juga sering memancing disini, terus hasil pancingannya digoreng untuk makanan kucing-kucingnya. Maklum, kucing kampungnya adal lebih dari 8 ekor.

Ikan yang didapatkan pun nggak besar-besar kok. Hanya sebesar dua jari sih, tapi ada beberapa yang mendapatkan ikan lebih besar hanya saja agak jarang. Mungkin itulah yang dinamakan keberuntungan, walau keberuntung tidak datang dua kali, tapi bisa datang lebih dari dua kali haaa. Ngomong apa ini kok malah muter-muter *fokus ke mancing dulu. Ini salah satu temanku mendapatkan ikan hasil pancingannya, lumayan sudah dapat sekitar 7 ekor walau kecil-kecil.
Hasil pancingan di Embung Tambakboyo, Sleman
Hasil pancingan di Embung Tambakboyo, Sleman
Hasil pancingan di Embung Tambakboyo, Sleman
Waktu aku datang ke sini, ternyata teman-teman kos juga ada yang nyusul naik motor. Jadi diembung kayak dikos-kosan ramainya. Mereka bergantian meminjam sepedaku untuk mengelilingi embung dengan bersepeda. Walau hanya mengelilingi embung, mereka sebagian sudah terlihat kecapekan. Tapi cukup seru juga sih lihat polah mereka saat menaiki sepedaku.
Antri pinjam si Monarch 1.0 :-D
Antri pinjam si Monarch 1.0 :-D
Mungkin bagi kalian yang mempunyai waktu luang sire hari dan bingung mau main kemana, Embung Tambakboyo ini bisa menjadi salah satu tempat tujuan alternatif. Kalian bisa memanfaatkan kawasan embung untuk jogging, nongkrong, mancing, ataupun jalan-jalan bareng pasangan maupun hewan peliharaan. Banyak para pengunjung membawa Anjing kesayangannya untuk jalan-jalan. Ada yang minat ke sini bawa hewan peliharaannya? Siapa tahu mau bawa ular atau buaya? *eh
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar :

  1. Wah asyik banget mas tempatnya,,, buat angler yang gak profesional seperti saya bisa jadi tempat wisata juga nieh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, ini kalo sore rame banget loh mas :-D

      Delete
  2. wah dapat ikan, ikan nya satu tapi lucu ya kaya ikan hias

    ReplyDelete
  3. embungnya terlihat sejuk nih mas cocok buat bersantai sambil memancing. jadi pengen ke sana nih, sayang jauh banget dari tempat saya tinggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, membunuh waktu dengan mancing :-D

      Delete
  4. wah di tambakboyo juga bisa dapet ikan juga ya mas hhe kirain cuma dapat boyo hehe ixixix pizzz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak buayanya mas, buaya darat *kabur :-D

      Delete